Wednesday, May 09, 2018

Bahaya dari Kesombongan

.
Dan janganlah kamu memalingkan mukamu dari manusia (karena sombong) dan janganlah kamu berjalan dimuka bumi dengan angkuh. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang sombong lagi membanggakan diri. [QS.31:18].  

Rasulullah Saw bersabda: “Tidak akan masuk neraka, orang yang didalam hatinya ada seberat biji Sawi keimanan dan tidak akan masuk syurga yang didalam hatinya ada seberat biji Sawi dari kesombongan.” 
(HR.Muslim dan Abu Daud)

Imam Al-Ghazali, ada 7 ciri orang yang sombong:
1.Karena pengetahuannya. Merasa dengan ilmunya itu hanya dia yang paling hebat dan menganggap semua orang lain tidak mengerti apapun sehingga pendapat orang lain dianggap tidak berguna. Orang seperti ini menghendaki dirinya dihormati oleh orang lain, disanjung oleh khalayak ramai, atasannya, bawahannya serta selalu meminta diberi pelayanan yang baik dan minta dihargai.

2.Berlebihan dalam  beribadah. Penyakit orang ahli ibadah yang merasa diri mereka banyak beribadah dibandingkan dengan orang lain sehingga menganggap orang lain tak mampu beribadah seperti yang mereka lakukan. Sedangkan mereka terpedaya dengan tipu daya syaitan.

Rasulullah Saw
bersabda: “Siapa yang memuji dirinya sendiri atas suatu amal saleh, berarti dia sudah tersesat dari rasa syukurnya dan gugurlah segala amal perbuatannya.” (HR.Muslim)

Jika kita menghina orang yang tidak shalat atau melihat orang yang berbuat maksiat lantas bergumam dalam hati: “Apa jadinya dengan kamu semua. Mengapa tidak alim dan shaleh seperti aku?” maka hal demikian adalah dalam kategori orang yang berpenyakit sombong. Segeralah bertaubat atas hal ini.

3.Karena membanggakan keturunan, asal usul, pendidikan, keluarga mulia dan suka menyebut gelar dunia yang berasal dari nenek moyang yang dulunya dikatakan keramat atau hebat.

4.Merasa diri sendiri sangat cantik, tampan dan sempurna. Dan memandang orang lain dengan hina, seperti merendahkan ciptaan Allah SWT sehingga  menyindir atau menyebut  gelar tidak baik kepada orang lain seperti pendek, hitam atau gemuk.

5.Merasa kelebihan harta, berbangga diri dengan kekayaan yang ada, rumah besar dan mobil mewah sehingga memandang rendah pada orang yang kurang mampu. Lihatlah apa yang telah terjadi kepada Namrud, Firaun, Haman dan Qarun. Mereka ini adalah diantara manusia yang telah diberi kekuasaan dan kekayaan yang besar dimuka bumi tetapi bersikap sombong. Mereka telah kembali kepada Tuhan mereka dengan keadaan hina. Kekuasaan dan kekayaan mereka lenyap dengan serta-merta apabila mereka menemui ajal.

6.Karena kekuasaan. Sehingga semua orang dengan mudah dizalimi dan dibuat merasa tidak nyaman atas kesewenang-wenangannya

7.Berbangga karena banyak pengikutnya, seperti orang alim berbangga dengan banyak murid yang memuji.

HUKUM SOMBONG
Sombong haram hukumnya dan termasuk dosa besar. Ayat diatas dengan tegas menjelaskannya: 
"dan janganlah kamu berjalan dimuka bumi dengan angkuh".

Rasulullah saw bersabda: “Tidak akan masuk surga orang yang didalam hatinya ada sifat sombong, walaupun hanya seberat biji Sawi” Seorang sahabat bertanya: “Sesungguhnya seseorang menyukai kalau pakaiannya itu indah atau sandalnya juga baik” Rasulullah saw bersabda: “Sesungguhnya Allah Swt adalah Maha Indah dan menyukai keindahan. Sifat sombong adalah mengabaikan kebenaran dan memandang rendah orang yang lain.” [HR.Muslim]

Dari Abu Hurarirah dan Abu Sa’id, Rasulullah saw bersabda: “Allah Swt berfirman; Kemuliaan adalah pakaian-Ku, sedangkan sombong adalah selendang-Ku. Barang siapa yang melepaskan keduanya dari Ku maka Aku akan menyiksanya”. [HR Muslim]

ANCAMAN BAGI ORANG SOMBONG
1. Dibenci  Allah  SWT.
Allah telah berfirman: Dan janganlah kamu memalingkan mukamu dari manusia (karena sombong) dan jangan kamu berjalan dimuka bumi dengan angkuh. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang sombong lagi membanggakan diri” (QS.31:18)

Rasulullah bersabda: “Sesungguhnya Allah mewahyukan kepadaku agar kalian rendah hati, hingga tidak ada seorangpun yang bangga atas yang lain dan berbuat aniaya atas yang lain” (HR.Muslim)

2. Menjadi Penghuni Neraka
Orang yang sombong akan diazab Allah dengan dimasukan kedalam neraka. Rasulullah bersabda: “Para penghuni neraka adalah orang-orang yang keras kepala, kasar lagi sombong.” (HR.Bukhari, Muslim). Yang demikian itu karena hanya Alah lah yang berhak untuk sombong. Pantaskah manusia yang lemah dan diciptakan dari setetes air mani yang hina bersikap sombong dihadapan Allah? Oleh karena itu Allah mengharamkan sorga bagi orang-orang yang sombong.

3. Akan Mendapat kehinaan
Orang yang sombong akan mendapatkan kehinaan didunia berupa kejahilan dan tidak diberi petunjuk.
Firman Allah Ta'ala: “Aku akan memalingkan orang-orang yang menyombongkan dirinya dimuka bumi tanpa alasan yang benar dari tanda-tanda kekuasaan-Ku” (QS.7:146)

4. Akan mendapat Kebodohan 
Pada hati orang-orang yang sombong untuk taat kepada-Ku dan sombong pada manusia tanpa alasan yang benar. Sebagaimana mereka telah sombong tanpa alasan yang benar maka Allah akan hinakan mereka dengan kebodohan. (Tafsir Ibn Katsir 2/228)

5. Hatinya Terkunci dari kebenaran
Orang yang sombong terhadap dirinya sendiri atau menolak kebenaran dan merendahkan manusia, Allah  akan kunci mati hatinya dari menerima kebenaran. “Demikianlah Allah mengunci mati hati orang yang sombong dan sewenang-wenang” (QS.40:35)

Imam As Syaukani berkata: “sebagaimana Allah mengunci mati hati orang2 yang memperdebatkan ayat-ayat Allah maka demikian pula Allah akan mengunci mati hati orang yang sombong lagi berbuat semena-mena. Yang demikian itu karena hati merupakan sumber kesombongan. Sedangkan anggota badan yang lain tunduk mengikuti hati” (Fathul Qadir 4/492)

6. Mendapatkan Tempat Yang Paling Buruk 
Hal ini dinyatakan Allah dalam firman-Nya: Dikatakan (kepada mereka): “Masukilah pintu-pintu neraka Jahannam itu, sedang kamu kekal didalamnya”. Maka neraka Jahannam itulah seburuk-buruk tempat bagi orang-orang yang menyombongkan diri (QS.39:72)

7. Tidak Diajak Bicara oleh Allah SWT pada hari kiamat.
Kesombongan pada tingkat tertentu akan mendapat azab yang pedih. Dan disamping itu mereka tidak akan diajak bicara oleh Allah pada hari kiamat kelak. Hal ini sebagaimana sabda Rasulullah: “Ada tiga golongan yang tidak akan diajak bicara oleh Allah, tidak disucikan oleh-Nya dan baginya adzab yang pedih; (yaitu) Orang yang sudah tua berzina, penguasa pendusta dan orang miskin yang sombong” (HR.Muslim)

8. Dikumpulkan Pada Hari Kiamat Seperti Semut 
Hal ini sebagaimana sabda Rasulullah Saw: “Orang-orang yang sombong akan dikumpulkan pada hari kiamat bagaikan semut kecil dalam bentuk manusia.

9. Kehinaan dari setiap penjuru 
Lalu mereka akan digiring menuju penjara neraka jahannam yang bernama Bulas. Mereka dikelilingi api neraka yang akhirnya mereka diberi minuman dari perasan penghuni neraka yang merusak” (HR.Tirmidzi dan Ahmad)

10. Orang sombong akan Menjadi Pengikut Iblis
Allah  berfirman: “Dan (ingatlah) ketika Kami berfirman kepada para malaikat: Sujudlah kamu kepada Adam maka sujudlah mereka kecuali Iblis; dia enggan dan takabur dan adalah dia termasuk golongan orang-orang yang kafir” (QS.2:34)

11. Orang Sombong Orang Yang Paling Jelek
Rasulullah bersabda: “Maukah aku khabarkan kepada kalian hamba Allah yang paling jelek? Yaitu orang yang kasar lagi sombong” (HR.Ahmad)

Betapa besar ancaman yang akan diderita oleh orang2 yang sombong yaitu kehinaan didunia dan diakhirat. Untuk itu kita sebagai hamba hendaklah selalu istigfar memohon ampun dan  perlindungan dari sifat sombong dan hendaklah senantiasa menyadari bahwa kita adalah mahkluk ciptaan-NYA yang  terbuat dari tanah, tumbuh berkembang secara fisik dan pemikiran itu semua karena karunia Allah semata.

Jadilah manusia yang bersifat tawadhu. Berbicaralah dengan perkataan yang lemah lembut dan baik diantara kita. Janganlah kita menyakiti hati orang lain dengan sikap kita. Karena hal itu merupakan bagian dari kesombongan.
Sumber: uai.ac.id
.
Cara Mengatasi Stres
Keampuhan Shalawat 

Hasilkan Jutaan Rupiah dari rumah! 
.