Sunday, February 24, 2013

Hadits Qudsi Pilihan

.
Hadits Qudsi adalah Hadits Rasulullah Saw yang isinya berasal dari Allah Swt dan lafasnya dari Rasulullah. Jumlahnya kira-kira 500 buah terselip diantara Ratusan Ribu Hadist Nabawi. Dikutip dari buku: "325 Hadits Qudsi Pilihan. Jalan Ke Surga" oleh KH Firdaus An. Semoga pahalanya terus mengalir kepada Beliau. 

Tidak ada paksaan utk masuk agama Islam; sesungguhnya sudah jelas jalan yg benar daripada jalan yg salah. Karena itu barangsiapa yg ingkar kepada thaghut dan beriman kepada Allah, sesungguhnya dia telah berpegang kepada buhul tali yg amat kuat yg tak akan putus. Dan Allah Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui (QS. 2:256)

Ibnul Qayyim : “Thaghut adalah segala sesuatu yg dengannya seorang hamba melampaui batas, baik berupa yg diibadahi, yg diikuti atau yg ditaati.”

Thaghut banyak macamnya dan biangnya ada lima :
1.Iblis,
2.orang yg diibadahi selain Allah
dan dia ridha kepadanya,
3.orang yg menyeru manusia untuk mengibadahi dirinya,
4.orang yg mengklaim mengetahui ilmu ghaib,
5.orang yg berhukum dgn selain yg diturunkan Allah.

Bentuk Pengingkaran terhadap Thaghut terwujud dgn enam perkara yg ditunjukkan oleh Al-Qur`an:
1.Meyakini bathil peribadatan kepada selain Allah Swt.
2.Meninggalkan peribadatan kepada selain Allah Swt dgn hati, lisan dan anggota badan.
3.Membenci dgn hati dan mencerca dgn lisan.
4.Mengkafirkan pengikut dan penyembah thaghut.
5.Memusuhi mereka dzahir dan bathin dgn hati dan anggota badan.
6.Menghilangkan sesembahan selain Allah Swt dgn tangan jika ada kemampuan.
Keenam perkara ini telah dilakukan oleh Nabi Ibrahim as dan kita diperintahkan untuk meneladani beliau.

Hadits Qudsi: Islam Kusenangi bagi diri-Ku dan tidak akan baik dia melainkan dgn sifat Pemurah dan Budi luhur. Karena itu muliakanlah islam itu dgn kedua sifat itu selama kamu menganutnya (HR.Ar-Rafi'i)

Hadits Qudsi: Allah mewahyukan kepada Musa as: "Hai Musa! Jika engkau ingin Aku lebih dekat padamu dari pada kata-katamu kepada lisanmu sendiri, dari gerak hatimu kepada hatimu sendiri, dari rohmu kepada badanmu sendiri, dari penglihatanmu kepada matamu sendiri dan lebih dekat daripada pendengaranmu kepada telingamu sendiri, maka perbanyaklah mengucapkan shalawat kepada Muhammad Saw! (HR.Al-Gazali)

“Sesungguhnya Allah dan malaikat-malaikatnya bershalawat untuk nabi. Hai orang-orang yang beriman, bershalawatlah kalian untuk nabi dan ucapkanlah salam penghormatan” (QS.al-ahzab:56).

Dari Anas bin malik ra, Rasulullah Saw bersabda: “Barang
siapa yang mengucapkan shalawat kepadaku satu kali maka Allah akan bershalawat baginya sepuluh kali dan digugurkan sepuluh kesalahannya serta ditinggikan baginya sepuluh derajat disurga kelak” (HR.An-Nasa’i no.1297)

Hadits Qudsi: Hai anak Adam..! Janganlah dianggap enteng ujian-Ku sebelum kamu dapat melalui titian Sirathal mustakim diakhirat nanti. (Al-Futuhatul Makkiyah)
Jembatan yang menghubungkan Padang Mahsyar dgn Syurga, menurut keterangan sahabat Abu Said, "Jembatan ini lebih kecil dari rambut dan lebih tajam dari pedang."

Nabi Muhammad Saw pernah bersabda: "Sesungguhnya Allah telah menciptakan Sirath yg berada dia
tas neraka, yaitu jembatan yg terletak ditengah-tengah neraka jahannam yg sangat licin dan dapat menggelincirkan. Jembatan ini mempunyai 7 gardu, yg setiap gardu jaraknya sama dgn perjalanan 3000 tahun, seribu tahun berupa tanjakan yg tinggi, seribu tahun berupa dataran dan seribu tahun berupa lereng yang curam. Ia lebih kecil dan lembut dari pada rambut, lebih tajam daripada pedang, dan lebih gelap daripada malam yang pekat. Dan setiap gardu mempunyai 7 cabang, setiap cabang bentuknya bagai panah yang ujungnya tajam. Duduklah setiap hamba diatas setiap gardu tersebut dan ditanyakan kepadanya tentang perintah-perintah Allah.[Wikipedia] 

Hadits Qudsi: Kalimat pertama yang tertulis di Lauhmahfuzh adalah: Bismillahirrahmanirrahim. Sesungguhnya barangsiapa yang tunduk pada ketentuan-Ku, ridha dengan hukuman-Ku dan sabar atas balacobaan-Ku, Aku bangkitkan dia pada hari kiamat bersama dengan orang-orang yang benar. (HR.Dailami)

Sungguh akan Kami berikan cobaan kepadamu dgn sedikit ketakutan, kelaparan, kekurangan harta, jiwa dan buah-buahan. Dan berikanlah berita gembira kepada orang-orang yg sabar, yaitu orang-orang yg apabila ditimpa mushibah, mereka mengucapkan: Innaalillaahi wa innaa ilaihi raajiuun. Mereka itulah yg mendapat keberkatan yg sempurna dan rahmat dari Tuhannya, dan mereka itulah orang-orang yg mendapat petunjuk. (QS.2:155-157)

Hadits Qudsi: "Hai hamba-hamba-Ku, sesungguhnya Aku mengharamkan pada diriku sendiri akan menganiaya dan menganiaya itu Aku jadikan haram diantara engkau sekalian. Maka dari itu, janganlah engkau sekalian saling menganiaya.
Wahai hamba-hamba-Ku, engkau semua tersesat kecuali orang yg Kuberi petunjuk. Maka itu mohonlah petunjuk pada-Ku, engkau semua tentu Kuberi petunjuk. Wahai hamba-hamba-Ku, engkau semua lapar kecuali orang yg Kuberi makan. Maka mohonlah makanan pada-Ku, engkau semua tentu Kuberi makanan. Wahai hamba-hamba-Ku, engkau semua telanjang kecuali orang yg Kuberi pakaian. Maka mohonlah pakaian pada-Ku, engkau semua tentu Kuberi pakaian.
Wahai hamba-hamba-Ku, sesungguhnya engkau semua berbuat kesalahan pada malam dan siang hari dan Aku yg mengampuni segala dosa. Maka mohon ampunlah pada-Ku, pasti engkau semua Kuampuni. Wahai hamba-hamba-Ku, sesungguhnya engkau semua tidak dapat membahayakan Aku. Andaikata dapat, tentu engkau semua akan membahayakan Aku. Dan engkau semua tidak dapat memberikan kemanfaatan pada-Ku. Andaikata dapat, tentu engkau semua akan memberikan kemanfaatan itu pada-Ku.
Wahai hamba-hamba-Ku, andaikata orang yg paling awal hingga yg paling akhir, juga semua golongan manusia dan semua golongan jin, bersatu padu seperti hati seseorang yg paling taqwa dari antara engkau semua, hal itu tidak akan menambah keagungan sedikitpun pada kerajaan-Ku.
Wahai hamba-hamba-Ku, andaikata orang yg paling awal hingga yg paling akhir, juga semua golongan manusia dan semua golongan jin, bersatu padu seperti hati seseorang yg paling curang dari antara engkau semua, hal itu tidak akan dapat mengurangi keagungan sedikitpun pada kerajaan-Ku.
Wahai hamba-hamba-Ku, andaikata orang yg paling awal hingga yg paling akhir, juga semua golongan manusia dan semua golongan jin, berdiri disuatu tempat yg tinggi diatas bumi, lalu tiap orang meminta sesuatu pada-Ku dan tiap orang Kuberi menurut permintaannya masing-masing, hal itu tidak akan mengurangi apa yg menjadi milik-Ku, melainkan hanya seperti air yg melekat pada ujung jarum yg dimasukkan kedalam laut.
Hai hamba-Ku ! Tunaikanlah amal ibadat yg Aku tentukan, agar Aku berikan balasan yg sempurna. Bila kamu mendapat kebaikan bersyukurlah kepada Allah Tuhanmu dan bila mendapat kebalikannya sesalilah dirimu sendiri". (Riwayat Muslim).

Hasbunallah wa ni'mal wakil [Cukuplah Allah menjadi Penolong kami dan Allah adalah sebaik-baik Pelindung] (QS.3: 173).

Hadits Qudsi: Wahai anak Adam! Luangkan waktumu untuk beribadah kepada-Ku niscaya Aku jadikan jiwamu kaya dan Aku tutup pintu kefakiran atasmu. Jika engkau tidak berbuat demikian, sibuk terus menerus tidak menentu niscaya Aku tidak akan menutup pintu kefakiran atasmu. (HR.Tirmizi)

Wahai anak Adam! Sebenarnya engkau sudah cukup bahagia memiliki apa yg perlu bagimu tetapi engkau masih menuntut yang berlebihan. Engkau tidak merasa cukup dgn yang sedikit dan tidak merasa puas dgn yang banyak. Sesungguhnya bila engkau bangun pagi dalam keadaan sehat dan jiwamu tenang tentram serta punya persediaan makanan pada hari itu maka tidak perlu engkau memusingkan dunia ini lagi. (HR.Baihaqi dari Ibnu Umar)

Hadis Qudsi: Hai Daud, seorang hamba-Ku akan datang membawa pahala kebaikannya pada hari Kiamat maka Aku serahkan kepadanya untuk menikmati nikmat apa saja yang ada didalam surga. Daud berkata: Ya Tuhanku siapakah hamba-Mu itu? Allah: "Orang mukmin yg berusaha untuk memenuhi keperluan saudaranya yg beriman, dia ingin menyelesaikan hajat temannya itu, apakah dapat terlaksana oleh tangannya sendiri ataupun tidak" (HR.Al Khathib)

Rasulullah saw bersabda: “Amal ibadah yang paling dicintai Allah ‘Azza wajalla adalah engkau masukkan rasa gembira kepada seorang muslim atau menghilangkan kesulitan darinya atau engkau bayarkan hutangnya atau engkau usir rasa lapar darinya” (HR.At Thabrani)

Sekali-kali janganlah orang-orang yang bakhil dgn harta yang Allah berikan kepada mereka dari karunia-Nya menyangka bahwa kebakhilan itu baik bagi mereka. Sebenarnya kebakhilan itu buruk bagi mereka. Harta yg mereka bakhilkan itu akan dikalungkan kelak dilehernya dihari kiamat. Dan kepunyaaan Allah segala warisan dilangit dan dibumi. Dan Allah mengetahui apa yang kamu kerjakan. (QS. 3:180)

Hadits Qudsi: Wahai anak Adam! Aku telah beri kamu kendaraan, Aku kawinkan kamu dgn wanita dan kamu telah bahagia dgn kesenangan hidup sebagai Boss, mana tanda bukti terimakasihmu kepada-Ku atas semua itu? (HR.Ahmad dan Bukhari)

Dijadikan indah pada pandangan manusia kecintaan kepada apa-apa yang diingini, yaitu: wanita-wanita, anak-anak, harta yang banyak dari jenis emas, perak, kuda pilihan, binatang-binatang ternak dan sawah ladang. Itulah kesenangan hidup didunia dan disisi Allah-lah tempat kembali yang baik. [QS3:14]

Hadits Qudsi: Aku memperlindungkan Fakir-miskin kepada orang kaya bukan karena gudang-Ku sempit, bukan karena rahmat-Ku tidak meluas kepada mereka. Tetapi karena Aku ingin Menguji orang-orang kaya seberapa segera mereka melaksanakan apa yg telah Aku perintahkan tentang harta mereka buat kaum Fakir-miskin. Jika mereka melaksanakannya niscaya aku sempurnakan nikmat-Ku bagi mereka dan Aku lipat gandakan nikmat itu didunia ini sepuluh kali lipat. (HR.Ibnu Najjar)

Siapakah yang mau memberi pinjaman kepada Allah, pinjaman yang baik (menafkahkan hartanya dijalan Allah), maka Allah akan melipat gandakan pembayaran kepadanya dgn lipat ganda yg banyak. Dan Allah menyempitkan dan melapangkan rezki dan kepada-Nya-lah kamu dikembalikan. (QS.2:245)
 
Hadits Qudsi: Firman Allah pada Isa as: Seandainya engkau mengabdi kepada-Ku sebanyak ibadah yg dilakukan penduduk langit dan bumi tapi tanpa menaruh Kasih dan Benci karena Allah semata maka pengabdian engkau itu tidak memadai (Ihya' Ulumuddin jilid 2 hal 157)

Nanti pada hari kiamat dihadirkan kitab amal yang tertutup, diletakkan dihadapan Allah Swt. Allah berfirman: Lemparkanlah ini! Jawab Malaikat: Demi kemuliaan Engkau, tidak ada yang kami lihat didalamnya kecuali kebaikan. Allah berfirman: Ini dilakukan semuanya karena yang selain dari wajah-Ku, dan Aku tidak akan menerima amal kecuali yang dilakukan karena mengharapkan wajah-Ku belaka. (HR.Bazar dan Thabrani)

Hadis Qudsi: Rahim-kerabat adalah sebuah akar-Ku. Siapa yg menghubungkannya Aku buat hubungan dgn dia dan siapa yg memutuskannya Aku putuskan pula hubungan dgn dia. (HR.Thabrani)

Tertulis didalam Taurat bahwa siapa yang ingin panjang umur dan banyak rezekinya maka hendaklah dia menghubungkan Silaturahim (HR.Hakim dari Ibnu Abbas ra)

Hubungkanlah silaturrahim dgn kerabat-kerabatmu karena itulah hubungan yg abadi bagimu dalam kehidupan dunia ini dan membawa kebaikan bagimu kelak dihari akhiratmu. (HR.Abdu bin Hamid dari Ibnu Abbas)

Hadits Qudsi: Orang yg mengerti hak-Ku, rendah hati tunduk kepada-Ku dan tidak berlaku takabur dimuka bumi-Ku, niscaya Aku naikkan martabatnya sehingga mencapai tingkat yang tinggi disurga. (HR.Abu Nu'aim)

Hari kiamat Allah bertanya: Mana tetangga-Ku ? Jawab Malaikat: Siapakah gerangan orang yang patut menjadi tetangga-Mu ya Tuhan? Allah menjawab: Dimanakah orang-orang yang senang membaca Al-Quran dan orang-orang yang suka meramaikan masjid? (HR.Abu Nuaim dari Abi Said)

Hadits Qudsi: Firman Allah: "Wahai anak Adam ! Jika kamu bersikap ridha terhadap apa yg telah Aku bagikan untukmu, aku tentramkan hatimu dan badanmu dan kamu termasuk orang yg terpuji. Tetapi jika kamu tidak ridha terhadap apa yg telah Aku bagikan kepadamu, Aku jadikan dunia menguasaimu sehingga kamu tunduk kepadanya laksana hewan (kerbau) tunduk kepada manusia. Kemudian demi Kemuliaan dan Kebesaran-Ku, kamu tidak akan bisa mencapai kebahagiaan dunia itu kecuali apa yang telah Aku takdirkan juga dan kamu termasuk orang yang tercela." (Al-Futuhul Makkiyah jili 4)

Wahai Musa, merasa puaslah kamu dgn sepotong roti dari jagung untuk menutupi rasa laparmu, sehelai kain untuk menutupi auratmu dan bersikap sabarlah menerima segala musibah yg menimpamu! Apabila harta benda kesenangan dunia berdatangan kepadamu maka ucapkanlah, "Inna Lillahi wa inna Ilaihi Raji'un!". Suatu siksaan telah datang segera didunia. Apabila kamu melihat dunia membelakangi dan kefakiran datang menghampirimu maka ucapkanlah, "Selamat datang syi'ar perlambang orang-orang saleh!" (HR.Dailami dari Abi Darda)

Hadits Qudsi: Hai Daud ! Kamu punya kehendak dan Aku pun punya kehendak tetapi kehendak-Ku yang akan terwujud. Jika kamu menyerah kepada kehendak-Ku akan Aku cukupkan apa yang jadi kehendakmu. Tidak ada yang bisa berlaku kecuali apa yang telah menjadi kehendak-Ku jua. (Sirrus Salikin)   

Kemudian apabila kamu telah membulatkan tekad, maka bertawakkallah kepada Allah. Sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang bertawakkal kepada-Nya. (QS.Ali-lmran:159)

Hadits Qudsi: Hai anak cucu Adam! Ada tiga soal yg harus diingat yakni satu soal untuk-Ku, satu soal untukmu dan satu soal lagi untuk kita berdua. Soal yang untuk-Ku adalah Kamu harus mengabdi kepada-Ku dan tidak mempersekutukan Aku dengan yang lain. Soal yang untukmu adalah kamu akan menerima pahala dari Ku atas segala amal bakti yang kamu kerjakan. Dosamu akan Aku ampuni karena Aku Maha Pengampun dan Maha Penyayang. Soal yang untuk kita berdua adalah kamu berada dipihak Pemohon dan Peminta dan Aku dipihak Pemberi dan Perkenan. (An-Nadharatun Nur)

Allah Swt turun kelangit dunia pada 1/3 akhir malam, Dia berfirman: "Barangsiapa yg berdoa kepada-Ku Aku perkenankan, siapa yang meminta Aku beri dan siapa yang meminta ampun kepada-Ku Aku ampuni dia" (HR.Muslim dari Abu Hurairah) 

Hadits Qudsi : Dalam shalat hamba-Ku tersimpul dua dialog dan terserahlah kepadanya apa yang dimohonnya kepada-Ku. Sewaktu dia mengucapkan "Alhamdu lillahi rabbil 'alamiin", Aku akan menjawab : "Aku sedang dipuja oleh hamba-Ku". Sewaktu dia membaca "Arrahmanir rahiim", Aku menyahut: "Aku disanjung oleh hamba-KU". Sewaktu dia membaca "Maliki yau middin", Aku akan menjawab: "Aku di Agungkan oleh hamba-Ku". Sewaktu dia membaca "Iyyaka na'budu wa iyyaka nasta'iin", Aku menjawab "Inilah pembicaraan antara Aku dgn hamba-Ku dan akan Aku penuhi segala apa yg dimohonnya". Sewaktu dia membaca "Ihdinas shiratal mustaqiim, Shiratal ladziina an'amta'alaihim, Ghairil magdhu bi'alaihim waladhaallin", Aku menyahut: "Aku akan beri kurnia hamba-Ku ini. Terserahlah kepadanya apa yg dimintanya" (HR.Ahmad dan Muslim)

Hadits Qudsi Firman Allah:"Suruhlah orang berbuat yang Makruf dan laranglah dari perbuatan yang Mungkar sebelum kamu berdoa kepada-KU, bila terlambat maka doa kamu tidak Aku perkenankan. Kamu meminta kepada-Ku tetapi Aku tidak akan memberi, dan kamu meminta pertolongan tetapi Aku tidak akan menolong" (HR.Dailami)

Dari Fadhalah bin 'Ubaid ra, kata nya: "Rasulullah saw pernah mendengar seseorang yg berdoa dalam shalatnya tetapi dia tidak mengucapkan puji-pujian kepada Allah Ta'ala dan tidak pula membaca shalawat pada Nabi saw, lalu Rasulullah saw bersabda: "Tergesa-gesa sekali orang ini", kemudian orang itu dipanggilnya. Nabi saw lalu bersabda pada orang itu atau pada orang lain juga: "Jikalau seseorang diantara engkau semua hendak berdoa, maka hendaklah memulai dgn mengucapkan puji-pujian kepada Tuhannya yang Maha Suci serta puja-pujaan pada-Nya, selanjutnya membaca shalawat kepada Nabi saw seterusnya bolehlah dia berdoa dengan apa yang dikehendakinya". [HR.Imam Abu Dawud dan Termidzi]

Hadits Qudsi: Firman Allah kepada Nabi Musa as: "Hai Musa! Siapa yg berbuat baik kepada kedua ibu-bapanya dan dia durhaka kepada-Ku, masih Aku tuliskan dia sebagai orang baik tetapi siapa yang berbuat baik kepada-Ku dan dia durhaka kepada kedua ibu-bapanya, Aku tuliskan dia sebagai orang yg durhaka." (HR.Al-Gazali)

 Diantara bentuk durhaka pada orang tua adalah :
1.Perkataan atau perbuatan yg membuat orang tua sedih dan sakit hati.
2.Berkata ’ah’ dan tidak memenuhi panggilan orang tua.
3.Membentak atau menghardik orang tua.
4.Bakhil, tidak mengurus orang tuanya
padahal orang tuanya sangat membutuhkan.
5.Bermuka masam dan cemberut dihadapan orang tua, merendahkan orang tua.
6.Menyuruh orang tua, misalnya menyapu, mencuci atau menyiapkan makanan.
7.Menyebut kejelekan orang tua dihadapan orang banyak.
8.Memasukkan kemungkaran kedalam rumah.
9.Mendahulukan taat kepada istri dari pada orang tua.
10.Malu mengakui orang tuanya.

Hadits Qudsi: Wahai Musa, jadilah kamu sebagai gudang simpanan bagi orang2 fakir jadi benteng bagi orang yg lemah dan jadi hujan rahmat bagi orang yg minta pertolongan, niscaya Aku jadi temanmu dalam kesusahan, jadi teman penghibur dalam kesepian dan pelindungmu siang dan malam. (HR.Ibnu Najjar)

Syaitan menakut-nakuti kamu dgn kemiskinan dan menyuruh kamu berbuat kejahatan (kikir); sedangkan Allah menjanjikan untukmu ampunan daripada-Nya dan karunia. Dan Allah Maha Luas (karunia-Nya) lagi Maha Mengetahui. (QS. 2:268)

Hadits Qudsi: Anas ra berkata, Rasulullah Saw bersabda: Pada Hari kiamat Allah berkata: "Dekatkan kekasih-kekasih-Ku kepadaKu" Malaikat bertanya: Siapa para-kekasih-Mu itu ya Allah? Allah menjawab: "Orang-orang islam yang Fakir". Maka dekatlah mereka pada Allah. Allah berkata: "Aku menjauhkan dunia dari kalian bukan karena rendahnya martabat kalian dimata-Ku, tetapi karena Aku ingin melipat gandakan penghormatan-Ku pada diri kalian hari ini. Kini mintalah kepada-Ku apapun yang kalian inginkan" Dan mereka dimasukkan kedalam surga 40 tahun lebih cepat daripada orang kaya (HR.Abus Syekh)

Wahai anak Adam! Shalatlah empat raka'at (2 raka'at sunat Fajar dan 2 raka'at Subuh) niscaya Aku cukupkan keperluanmu sepanjang hari. (HR.Ahmad dari Uqbah bin Amir)

Carilah kebaikan disisi orang-orang yg penyantun dari umat-Ku niscaya engkau hidup dalam perlindungan mereka karena rahmat-Ku ada pada diri mereka. Dan jangan kamu cari kebaikan itu pada diri orang-orang yang kejam hatinya karena murka-Ku ada pada mereka itu. (HR.Al-Qudha'i dari Abi Said)

Hadits Qudsi: Mereka yang berkasih-sayang karena Aku berhak menerima kasih-sayang-Ku. Aku lindungi mereka dalam naungan Arasy pada hari kiamat. Tidak ada perlindungan lain pada hari itu selain perlindungan-Ku. (HR.Ibnu Abid Dunya)

Hadis Qudsi: Firman Allah: Aku adalah sebaik-baik sekutu, siapa mempersekutukan Aku dgn yg lain maka biarlah dia sama yg lain itu. Hai manusia ikhlaskan amal-amalmu karena Allah semata, karena Allah tidak akan menerima amal-amalmu kecuali yg ikhlas karena-Nya. Jangan berniat: Ini karena Allah dan karena kerabatku maka amalmu karena kerabat itu; Jangan berniat: Ini karena Allah dan karena pembesar, maka amalmu itu karena pembesar, sehingga tidak ada satupun amalmu yg dilakukan karena Allah semata. (HR.Al-Bazar)

Hadits Qudsi: Keikhlasan adalah suatu rahasia diantara rahasia-Ku. Aku titipkan dia kedalam hati orang yg Aku cintai diantara para hamba-Ku. (Sirrus Salikin hal 150)

Kamu sekali-kali tidak sampai kepada kebaktian yg sempurna, sebelum kamu manafkahkan sebahagian harta yg kamu cintai. Dan apa saja yg kamu nafkahkan, maka sesungguhnya Allah mengetahuinya. (QS. 3:92)

Hadits Qudsi: Dihari kiamat Allah Taala berfirman: "Hai anak adam! Aku sakit mengapa engkau tidak datang menjenguk-Ku?" Ya Tuhan, betapa aku akan menjenguk-Mu, padahal Engkaulah Tuhan seluruh alam! Allah ber firman: "Apakah engkau tidak tahu hamba-Ku si fulan sedang menderita sakit tapi engkau tidak menjenguknya?! Tahukah engkau bahwa bila engkau menjenguknya niscaya engkau bertemu dengan Aku disampingnya?"
"Hai anak Adam ! Aku minta makan padamu tetapi engkau tidak mau memberi makan!" Ya Tuhan, betapa aku akan memberi-Mu makan, padahal Engkaulah Tuhan semesta alam! Allah berfirman: “Sesungguhnya hamba-Ku si fulan minta makan dan engkau tidak memberinya makan. Tidakkah engkau tahu, bila engkau memberinya makan, benar-benar akan engkau dapati perbuatan itu disisi-Ku".
"Hai anak adam, Aku meminta minum kepadamu, namun engkau tidak memberi-Ku minum” Ya Tuhan, bagaimana aku memberi minum kepada-Mu sedangkan Engkau adalah Tuhan Semesta Alam? Allah berfirman: “Seorang hamba-Ku yang bernama si fulan meminta minum kepadamu, namun tidak engkau beri minum, tidakkah engkau tahu, seandainya engkau memberi minum kepadanya, benar–benar akan kau dapati (pahala) amal itu disisi-Ku” (HR.Muslim dari Abu Hurairah r.a)

Hadits Qudsi: Musa as bertanya: Ya Tuhanku manakah diantara hamba-Mu yang lebih mulia dalam pandangan- Mu? Tuhan menjawab: Yakni orang yang apabila dia kuasa sudi memaafkan. (HR.Al Kharaithi)

Perkataan yang baik dan pemberian maaf lebih baik daripada sedekah yang diiringi dgn sesuatu yg menyakitkan (perasaan si penerima). Allah Maha Kaya lagi Maha Penyantun. (QS. 2:263)

Hadits Qudsi Firman Allah: Barangsiapa yg mengingat Aku dikala dia Marah, Aku akan mengingat dia dikala Aku marah dan tidak Aku celakakan dia bersama orang yang Aku celakakan. (HR.Dailami)

Firman Allah kepd Nabi Daud as: "Berbudilah engkau dgn budi-Ku! Diantara budi-pekerti-Ku ialah Aku ini Maha Penyabar" (HR.Al-Gazali)

Hadits Qudsi: Bukti bahwa hamba-Ku mengenal Aku didalam hatinya adalah penilaiannya yang baik terhadap kekuasaan-Ku, tidak dikeluhkan perintah-larangan-Ku, tidak dipandang lambat datangnya karunia-karunia-Ku dan Aku dimalui bila dia akan melakukan maksiat. (HR.Dailami)

Allah memberikan hikmah kepada siapa yg dikehendaki-Nya. Dan barangsiapa yg diberi hikmah, sungguh telah diberi kebajikan yg banyak. Dan tak ada yg dapat mengambil pelajaran kecuali orang-orang berakal. (QS. 2:269)

Hadits Qudsi: Wahai Musa! Tahukah engkau bahwa bila Aku memandang kepada seorang hamba dengan seluruh wajah-Ku, maka Aku sembunyikan dunia seluruhnya dari dirinya. (HR.Al Gazali)

Dari Abu Hurairah, Rasulullah saw bersabda: "Demi Zat yg jiwaku berada didalam genggaman kekuasaan-Nya, sesungguhnya saya telah berniat menyuruh mengumpulkan kayu bakar, lalu saya menyuruh orang mengumandangkan azan untuk shalat, selanjutnya saya menyuruh seorang lelaki untuk menjadi imam orang banyak - dalam shalat jamaah itu, dan saya datangi rumah lelaki- lelaki yg tidak ikut berjamaah - lalu saya bakar rumah-rumah mereka." (Muttafaq 'alaih)

Hadits Qudsi: "Hai anak Adam! Semua orang memerlukan kamu untuk kepentingannya, tetapi Aku memerlukan kamu untuk kepentingan kamu sendiri. Kenapa kamu menjauhi Aku?" (Al Futuhatul Makkiyah Jilid 4)

Malaikat Jibril berkata kepada Nabi Muhammad saw: Allah swt akan bicara padaku dihari kiamat: "Hai Jibril, kenapa Aku melihat si anu anak si anu dalam kelompok barisan orang-orang Neraka?" Jibril menjawab: "Kami tidak melihat amal kebaikan yg dapat membawa kebaikan kepadanya pada hari ini" Allah berkata: "Sungguh Aku mendengar dia berseru didunia dulu dengan mengucapkan, Ya Hannan ya Mannan. Maka cobalah datangi dia!". Jibril mendatangi orang itu dan menanyakan maksud seruannya itu, lalu mendapat jawaban: "Siapa lagi Hannan dan Mannan selain dari pada Allah yang Maha mulia dan Maha agung?". Maka aku  mengambilnya dari barisan orang-orang Neraka dan memasukkannya kedalam barisan orang-orang Surga. (HR.Hakim dari Jabir)

Dalam Hadits Qudsi Allah mewahyukan kepada Musa: "Ya Musa, apakah engkau ingin supaya Aku menempati rumah engkau bersama-sama dgn engkau?" Mendengar itu tersungkurlah Musa dlm keadaan sujud kepd Allah. Kemudian Musa berkata: "Ya Tuhanku! Bagaimana mungkin demikian itu?" Allah menjawab: "Ya Musa! Apakah engkau tidak tahu bahwa Aku ini adalah teman duduk bagi orang yg dzikir mengingat Aku? Dan dimana saja hamba-Ku mencari Aku tentu dia mendapatkan-KU!" (HR.Ibnu Syahin dari Jabir)

Hadits Qudsi: Allah Ta'ala berfirman: "Wahai anak Adam! Janganlah engkau termasuk orang yg memperlambat taubat, panjang angan-angan dan pulang keakhirat tanpa amal. Kata-katanya seperti orang abid (ta'at beribadat) tetapi amalnya amal orang-orang munafik. Jika diberi rezeki merasa tidak cukup dan jika tak diberi tidak sabar. Dia cinta pada orang-orang saleh, tetapi dia sendiri bukan dari golongan mereka. Dia benci kepada kaum munafik tetapi dia sendiri termasuk golongan mereka itu. Dia menyuruh berbuat kebaikan tetapi tidak melakukannya; melarang dari kejahatan tetapi dia sendiri tidak menghentikannya." (HR.Al Gazali)

Allah mewahyukan kepada Nabi Daud: "Katakanlah kepada orang-orang yang zalim. Jangan menyebut-nyebut nama-Ku! karena barangsiapa yg menyebut nama-Ku akan Aku sebut pula namanya; dan sebutan-Ku kepada orang-orang yg zalim itu adalah Laknat- kutukan-Ku kepada mereka" (HR.Hakim)

Iblis berkata kepada Tuhan: "Demi Kemuliaan dan Kebesaran-Mu, aku senantiasa akan menyesatkan anak-cucu Adam selama roh dikandung badan mereka". Allah menjawab: "Demi Kemuliaan dan Kebesaran-Ku, Aku senantiasa akan mengampuni mereka selama mereka minta ampun kepada-Ku". (HR.Abu Nu'aim dari Abi Said)

Hadits Qudsi Allah Ta'ala berfirman: "Akan didatangkan berbagai kebaikan dan kejahatan-kejahatan seseorang pada hari kiamat dan dikonfrontasikan satu dgn yg lainnya. Jika menang kebaikannya walaupun tinggal hanya satu kebaikan lagi niscaya dia akan dimasukkan kedalam surga" (HR.Thabrani)

Allah mewahyukan kepada Musa: "Kalau tidaklah karena menghormati orang-orang yang mengucapkan kalimat "La Ilaha Illallah" tentu Aku telah timpakan azab Neraka Jahanam kepada penduduk dunia ini. Hai Musa! Kalau tidak karena menghormati orang2 yg mengabdi kepd-Ku, sungguh tidak Aku biarkan berkutik orang2 yg durhaka kepada-Ku sekejap matapun. Hai Musa! Sesungguhnya orang yg beriman kepd-Ku dialah makhluk yg termulia dalam pandangan-Ku. Hai Musa! Sesungguhnya sepatah kata yang diucapkan oleh orang yang durhaka kepada Ibu-Bapaknya adalah sama beratnya dgn seluruh pasir bumi". Musa bertanya: "Ya Tuhanku! Siapakah itu orang yg dicap durhaka kepada ibu-bapaknya?" Allah menjawab: "Apabila orang menjawab panggilan orangtuanya dgn berkata: Tidak!". (HR.Abu Nu'aim dari Anas)

Hadits Qudsi: Aku senang pada 3 macam tipe manusia, yakni: Orang pemurah, Orang yg rendah hati, Orang yg tobat dari dosanya. Tetapi Aku jauh lebih senang kepada 3 macam tipe manusia lagi, yakni kepada: Orang miskin yang pemurah, Orang kaya yang rendah hati dan pemuda-pemuda yang tobat dari dosanya. Sebaliknya aku benci kepada 3 macam manusia, yakni: kepada Orang yg bakhil, Orang yg sombong dan Orang yg tolol (fasik). Tetapi aku jauh lebih benci kepada 3 macam manusia lainnya, yakni: Kepada orang kaya yg bakhil, Orang miskin yang sombong dan Orang tua yang tolol (fasik). (Hidayatul Mursyidin)

Firman Allah dalam Hadits Qudsi: Apabila Aku memberi ujian (bencana dan kesusahan) kepada seseorang hamba diantara para hamba-Ku yang beriman dan dia memuji-Ku atas ujian yang Aku berikan itu maka pahalanya akan mengalir selama dia tetap seperti sediakala membuat amal yg mengalirkan pahala itu terus menerus. (HR.Ahmad)

Hadits Qudsi: Allah Ta'ala berfirman: "Hai Daud! Tiada seorang hamba yg selalu berpegang kepada-Ku bukan kepada makhluk-Ku, walaupun langit dan bumi berkomplot menindasnya melainkan Aku tetap menjadikan jalan keluar baginya dari kesulitan" (HR.Al-Gazali)

Hadits Qudsi: Allah Ta'ala berfirman: "Hai Daud! Demi Kemuliaan-Ku! Tiada seorang hamba yang Aku ketahui qalbunya berlindung kepada-Ku bukan kepada makhluk-Ku diwaktu bencana menimpanya yg datang dari langit dan bumi, melainkan Aku berikan kepadanya jalan keluar. Tiada seorang hamba yang aku ketahui dari qalbunya berlindung kepada selain Aku yakni kepada makhluk-Ku, niscaya Aku putuskan hubungannya dengan langit yg mendatangkan rezkinya dan Aku bukakan lobang dibawah kedua telapak kakinya. Dan tiada seorang hamba yg penuh ta'at kepada-Ku melainkan Aku beri dia sebelum dia meminta kepd-Ku; Aku perkenankan permintaannya sebelum dia mendo'a kepd-Ku dan Aku ampuni dosanya sebelum dia meminta ampun kepd-Ku" (HR.Tamam dari Abd.Rahman bin Ka'ab)

Firman Allah dalam Hadits Qudsi: Aku adalah yg ketiga diantara dua orang yg bersahabat selama salah seorang diantaranya tidak khianat. Bila salah seorang berkhianat terhadap temannya maka Aku keluar dari antara keduanya. (HR.Abu Daud dan Hakim)

Hadits Qudsi: Allah 'Azza wa Jalla telah mewahyukan kepd Musa as: "Wahai putera Imran! Waspadalah engkau selalu dan telitilah kembali dirimu dalam berkawan! Dan setiap teman dan sahabat yg tidak sudi menolong engkau atas jalan yg Aku senangi maka dia itu adalah musuh" (Ihja' Ulumuddin jilid 2 hal 157)

Hadits Qudsi: Tidak patut bagi hamba-Ku untuk merasa super dan menyombongkan diri dgn berkata: "Aku lebih baik dari Nabi Yunus bin Mata" (HR.Muslim)

Hadits Qudsi: Yang berhak menerima kasih-sayang-Ku adalah mereka yang saling berkasih-sayang karena Aku, mereka yang saling menghubungkan silaturahmi karena Aku, mereka yang saling nasehat menasehati karena Aku, mereka yang saling menziarahi karena Aku dan mereka yang saling memberi karena Aku. Mereka itu kelak akan berada diatas mimbar yang penuh sinar cemerlang, bersama-sama dengan para Nabi, orang baik-baik dan yang mati syahid. (HR.Ahmad dan Thabrani)

Hadits Qudsi: Sesungguhnya sebagian dari hamba-Ku ada orang yang tidak beres imannya kecuali dgn kekayaan, sekiranya Aku miskinkan dia maka dia menjadi durhaka. Sebagian dari hamba-Ku ada orang yang tidak beres imannya kecuali dengan kemiskinan tetapi bila Aku jadikan dia kaya maka dia menjadi durhaka. Sebagian dari hamba-Ku ada orang yg tidak beres imannya kecuali dgn sakit tetapi bila Aku jadikan dia sehat maka dia menjadi durhaka. Sebagian dari hamba-Ku ada orang yg tidak beres imannya kecuali dgn sehat tetapi bila Aku jadikan dia sakit maka dia menjadi durhaka. (Al-Khatib)

Hadits Qudsi: Hai hamba-Ku ! Dermakanlah hartamu, niscaya engkau diberi pula nafkah. Tangan Tuhan penuh berisi yg tak akan habis-habisnya walaupun didermakan-Nya siang malam. Apakah kamu perhatikan apa yg telah Aku berikan semenjak kejadian langit dan bumi? Sesungguhnya tidak akan pernah kering apa yg ada ditangan- Nya dan kekuasaan-Nya meliputi atas air dan neraca timbangan terpegang ditangan-Nya. Dialah yg menaikkan dan menurunkan neraca itu. (HR.Bukhari)

Perumpamaan orang-orang yang menafkahkan hartanya dijalan Allah adalah serupa dengan sebutir benih yang menumbuhkan tujuh bulir, pada tiap-tiap bulir: Seratus biji. Allah melipat gandakan ganjaran bagi siapa yang Dia kehendaki. Dan Allah Maha Luas kurnia-Nya lagi Maha Mengetahui. (QS. 2:261)

Hadits Qudsi: Wahai anak Adam! Maut itu membukakan segenap rahasiamu, Kiamat membacakan segala warta-berita dirimu dan Kitab yang berisi catatan amal memecahkan segala rahasia pribadimu. Oleh sebab itu, apabila engkau berdosa maka janganlah melihat kecilnya dosa itu tetapi lihatlah kepada siapa engkau telah berbuat durhaka. Apabila engkau diberi rezeki yg sedikit maka janganlah melihat kepada sedikitnya tetapi lihatlah kepada siapa yang telah memberi engkau rezeki. Janganlah engkau pandang enteng sesuatu dosa yg kecil karena engkau tidak tahu dengan dosa yg mana Aku murka kepadamu. Dan janganlah engkau merasa aman dari bencana-Ku karena hal itu suatu rahasia yang lebih tersembunyi dari pada jalannya semut yg menjalar ditengah malam buta diatas suatu batu yang licin.
Wahai Anak Adam! Apakah engkau durhaka kepada-Ku? Maka lekaslah ingat amarah-Ku sehingga engkau berhenti dari mengerjakan dosa itu. Apakah engkau telah berbuat kebaikan terhadap orang yang berbuat buruk kepadamu? Apakah engkau telah bersikap pemaaf bagi orang yang telah menzalimimu? Apakah engkau telah berbicara dgn orang yg menjauhkan diri dari padamu? Apakah engkau telah menghubungkan kembali silaturahmi dengan orang yang telah memutuskannya? Apakah engkau telah memberikan kesadaran kepada orang yg telah mengkhianatimu? Dan sudahkah engkau bertanya kepada Ulama tentang urusan agama dan duniamu? Dan Aku sendiri tidaklah melihat rupa wajahmu tetapi kepada hatimu dan niatmu. Dan Aku rela dgn beberapa perkara ini terdapat pada dirimu. (Durratun Nashihin fil Wa'zhi wal Irsyad)

Hadits Qudsi: Tiga Perkara, barangsiapa yg memeliharanya baik-baik, dia adalah wali-Ku yg hakiki dan barang siapa yg mengabaikannya, dia adalah musuh-Ku yg sejati. Pertama shalat, kedua puasa dan ketiga adalah mandi wajib. (HR.Baihaqi)

Aku (Allah) paling tidak memerlukan sekutu. Barangsiapa yang melakukan sesuatu amal dgn cara menyekutukan Aku dgn yg lain, maka putuslah hubungan-Ku dgn dia, dan dia telah menjadi milik bagi sekutu itu. (HR.Muslim)

Hadits Qudsi: Pergilah wahai para Malaikat-Ku kepada hamba-Ku dan timpakan musibah padanya! Maka para malaikat itu pergilah, lalu menimpakan musibah kepada hamba Allah itu. Tetapi sang hamba menerimanya dgn memuji Allah. Setelah kembali, para malaikat itu melaporkan: Ya Tuhan kami, kami telah menimpakan musibah kepadanya sebagaimana yg telah Engkau perintahkan. Allah berkata: "Kembalilah sekali lagi karena Aku ingin mendengar reaksi suara hamba-Ku itu !" (HR.Thabrani)

Hadits Qudsi: Akulah Allah, tiada Tuhan yg sebenarnya selain Aku. Yang memiliki Kerajaan dan Raja dari segala Raja. Hati Raja-raja itu tergenggam ditangan-Ku. Dan para hamba (rakyat) bila mereka ta'at kepada-Ku, Aku palingkan hati Raja-raja mereka kepada mereka dgn kasih-sayang. Sebaliknya bila mereka durhaka kepada-Ku, Aku palingkan hati Raja-raja mereka terhadap mereka itu dgn segala kemarahan dan siksaan sehingga mereka tersiksa dgn penderitaan yg sangat pedih. Maka janganlah kamu SIBUK mendoakan yg buruk kepada Rajamu tetapi sibukkanlah dirimu dengan berdzikir dan mendekatkan diri kepada-Ku niscaya Aku lindungi kamu dari kejahatan Raja-rajamu. (HR.Thabrani)

Hadits Qudsi: Orang yang berakal membagi waktunya tiga sa'at. Ada sa'at dimana dia munajat beribadat kepada Tuhannya; sa'at dimana dia merenung mengadakan perhitungan dengan dirinya sendiri dan sa'at dimana dia menyediakan waktunya untuk keperluan makan dan minum. (HR.Ibnu Hibban)

Hadis Qudsi: Allah telah mewahyukan kepadaku (Muhammad saw):"Wahai saudara para Rasul, wahai saudara para Juru Ingat! Berilah peringatan kaum kamu bahwa janganlah mereka masuk kemasjid-masjid-Ku melainkan dengan hati yang tenang, lisan yang benar, tangan yang suci dan kemaluan yang bersih. Dan janganlah mereka masuk kemasjid-Ku selagi pada diri sesorang diantara mereka terdapat hak milik orang lain diantara hamba-Ku yang diambilnya secara zalim, karena Aku akan mengutukinya selama dia berdiri shalat dihadapan-Ku sampai dia mengembalikan apa yang diambilnya secara tidak sah itu kepada pemiliknya yg berhak. Maka apabila dia lakukan yang demikian itu, Aku adalah pendengarannya yg dapat membuat dia mendengar, Aku adalah pemandangannya yg dapat membuat dia melihat, dan dia adalah termasuk diantara para wali-Ku dan orang-orang yg mati syahid didalam Surga kelak" 

Hadits Qudsi: Wahai anak Adam! Aku berikan dunia dgn 3 penyakit yaitu Kefakiran, Penyakit dan Maut. Namun demikian kamu memburunya juga. (Al-Futuhatul Makkiyah)

Hadits Qudsi: Barangsiapa yg tidak ridha atas ketentuan hukum-Ku dan kadar-Ku dan tidak sabar atas ujian-Ku, hendaklah dia cari Tuhan yang lain dari Aku. (HR.Thabrani)

Hadis Qudsi: Pada hari kiamat nanti didatangkan beberapa Buku Catatan Amal yang tertutup. Maka dia dibuka dihadapan Allah Swt dan Allah berfirman: "Buanglah ini dan terimalah ini" Malaikat menyahut :"Demi kemuliaan Engkau, tidak ada yang kami lihat kecuali yang baik-baik saja" Maka Allah berkata :"Ini dilakukan bukan karena Aku semata dan Aku tidak mau menerimanya, kecuali amal ibadah yang melulu diperbuat ikhlas karena mencari keridhaan-Ku" (HR.Bazar dan Thabrani)

Firman Allah dalam Hadits Qudsi :
Aku heran tehadap orang yg yakin dgn maut tetapi mengapa dia masih sombong membanggakan diri?
Aku heran tehadap orang yg yakin dgn hari Hisab tetapi mengapa dia masih sibuk menimbun harta?
Aku heran tehadap orang yg yakin akan masuk kubur tetapi mengapa dia masih tertawa terbahak- bahak?
Aku heran tehadap orang yg yakin dgn hari kiamat tetapi mengapa dia masih bersenang senang tidak beramal?
Aku heran tehadap orang yg yakin akan lenyapnya dunia tetapi mengapa dia masih menambatkan hati padanya?
Aku heran tehadap orang alim pintar bicara tetapi bodoh dalam paham pengertian...
Aku heran tehadap orang yg sibuk selidiki aib orang lain tetapi lupa cacat cela dirinya sendiri.
Aku heran tehadap orang yg tahu bahwa Allah memperhatikan tingkah lakunya tetapi mengapa dia masih durhaka kepada Allah? Aku heran tehadap orang yg tahu bahwa dia akan mati sendirian dan masuk kubur sendirian tetapi mengapa dia masih asyik bersenda gurau dgn orang banyak? Tidak ada Tuhan yang berhak disembah melainkan Allah, Muhammad itu benar-benar hamba-Ku dan Rasul-Ku. (Sirrus Salikin jili4 hal 34)

Tiap-tiap yg berjiwa akan merasakan mati. Dan sesungguhnya pd hari kiamat sajalah disempurnakan pahalamu. Barangsiapa dijauhkan dari neraka dan dimasukkan kedlm syurga, maka sungguh dia telah beruntung. Kehidupan dunia itu tidak lain hanyalah kesenangan yg memperdayakan.(QS. 3:185)

Apabila seorang manusia meninggal maka putuslah amalnya, kecuali tiga hal: Sedekah jariyah, anak yang shalih yang mendo’akannya atau ilmu yang bermanfaat sesudahnya. (HR Muslim, Abu Dawud, At-Tirmidzi, Nasa’i dan Ahmad)

Hadits Qudsi: Allah berfirman kepada para Malaikat yg bertugas mengurus rezeki anak Adam: "Siapapun hamba- Ku yg kamu dapati menuju cita-cita yg satu (bertaqwa menuju ridha Illahi) maka jaminlah olehmu rezekinya dari langit dan bumi; dan siapapun hamba-Ku yang kamu dapati mencari rezekinya itu dengan adil maka murnikan dan mudahkanlah rezeki itu baginya; dan jika dia melanggar ketentuan yg demikian dgn cara lain, biarkanlah dia berbuat sekehendak hatinya, kemudian dia pasti tidak akan dapat mencapai kadar diatas dari apa yg telah Aku tentukan baginya". (Riwayat Abu Nu'aim dari Abi Hurairah)
.