Tuesday, June 12, 2018

Cara Mengusir Semut

.
Sebaiknya kita tidak membunuh semut hanya karena merasa terganggu karena makanan atau minuman kita dikerumuni oleh semut. “Rasulullah saw melarang  membunuh  empat macam binatang yaitu : semut, lebah, burung hudhud dan burung shurad.” (HR.Ahmad dan Abu Daud)

Rasulullah saw bersabda: "Seekor semut pernah menggigit seorang nabi. Nabi tersebut lalu  memerintahkan  untuk mendatangi  sarang semut  dan membakarnya. Lalu Allah menurunkan wahyu kepadanya: "Apakah hanya karena seekor semut menggigitmu lantas kamu membinasakan satu umat yang selalu bertasbih.” (HR.Muslim)

Cara mengusir semut dapat dilakukan dengan beberapa cara :
1.Kapur Semut
Cara mengusir semut yang pertama, dengan menggunakan kapur semut. Kapur ini diformulasikan dengan bahan-bahan kimia yang dapat membasmi semut. Kapur ini tidak berbau dan sangat mudah digunakan dimana saja.

Jika semut sering datang kemeja makan, maka Anda hanya perlu membuat garis disetiap kaki meja makan. Semut tidak akan berani melewati garis tersebut sehingga makanan dimeja makan tetap aman dari gangguan semut.

2.Garam
Gunakan saja garam yang ada didapur Anda. Garam ternyata dapat membuat semut-semut kabur dan tidak datang lagi. Yang harus Anda lakukan hanya menaburkan garam disudut ruangan atau disarang semut.

Anda bisa membuat semprotan pengusir semut dari larutan air garam. Semprotkan larutan air garam ini disarang semut atau langsung pada semutnya.

3.Cuka Putih (Vinegar)
Aroma cuka akan membuat semut-semut kabur dan tidak kembali lagi. Keunggulan menggunakan cuka untuk mengusir semut adalah aromanya tahan lama sehingga Anda tidak perlu menyemprotkan cuka berkali-kali.


Campurlah satu bagian cuka putih (Vinegar) dan satu bagian air didalam botol semprot. Semprotkan larutan itu sepanjang bingkai jendela, pintu dan tempat-tempat lain yang sering digunakan semut untuk masuk.

Telah dibuktikan bahwa penggunaan larutan cuka ini untuk membersihkan lantai, jendela dan permukaan meja atau lemari membuat semut enggan untuk merayap disana. Cuka putih memang ampuh sebagai pembersih rumah tangga.

Campuran ini juga bisa digunakan untuk membersihkan meja dapur dan dinding keramik.
* Campurkan 120 ml cuka dan 2 liter air hangat dalam ember.
* Rendam lap dalam campuran, peras dan lap lantai.
* Biarkan lantai kering.

4.Bedak Bayi
Semut membuat sarang dilemari pakaian? Sementara Anda tidak mau menggunakan larutan air garam atau cuka putih karena takut aromanya melekat pada pakaian Anda. Anda dapat memanfaatkan bedak bayi untuk mengusir semut yang bersarang dilemari pakaian.

Taburkan bedak bayi disekitar lemari, sarang semut atau jalan masuk semut. Bedak bayi memiliki manfaat yang sama seperti kapur semut.

5.Daun Sirih
Siapa sangka jika daun sirih juga bermanfaat untuk mengusir semut? Sama seperti cuka putih, aroma daun sirih sangat tidak disukai semut. Untuk mengeluarkan aroma daun sirih, Anda harus meremas daun sirih agar aromanya keluar. Kemudian, sebarkan daun sirih yang sudah diremas ini di tempat-tempat yang sering didatangi semut.

6.Kopi
Kita sangat menyukai aroma kopi yang harum, tetapi semut tidak suka. Serangga ini akan menjauhi aroma kopi. Hal ini bisa Anda manfaatkan untuk mengusir semut yang bersarang ditempat tinggal Anda.

Sediakan bubuk kopi instan, taburkan bubuk kopi tersebut di tempat-tempat yang banyak semutnya. Anda dapat menaburkan bubuk kopi ini langsung disarang semut. Perlu Anda ketahui bahwa bubuk kopi tidak membunuh semut, hanya membuat semut-semut kabur dan enggan untuk datang lagi.

7.Baking Soda
Baking soda tidak hanya bisa dipakai untuk mengusir semut, tetapi juga membasmi serangga yang suka hidup berkoloni tersebut. Meskipun bahan ini sering dipakai untuk membuat kue, tetapi baking soda bisa menjadi racun yang mematikan semut.

Taburkan campuran baking soda dan gula bubuk disarang semut atau di tempat-tempat berkumpulnya semut. Gula bubuk akan mengecoh semut untuk memakan baking soda. Ragi yang terkandung dalam baking soda bisa membunuh kumpulan semut tersebut.

8.Air Jeruk Nipis
Cara mengusir semut yang satu ini jarang digunakan oleh banyak orang. Akan tetapi keampuhan dari bahan yang satu ini tidak kalah dengan cuka atau garam. Air jeruk adalah cairan yang akan membuat semut pergi.

Gunakan jeruk nipis, siramkan air jeruk ini kekaki meja makan atau sarang semut. Aroma air jeruk yang sangat pekat akan membuat semut-semut lari tunggang langgang.

9.Parfum
Ambil bola kapas yang masih bersih, lalu celupkan bola kapas kedalam cairan parfum Anda. Letakkan bola kapas tersebut ditempat yang sering disatroni oleh semut. Anda bisa langsung menyemprotkan parfum ke semut jika ingin membasminya.

10.Mentimun
Meskipun mentimun terasa sedikit manis, tetapi semut tidak menyukai rasa mentimun. Oleh karena itu, letakkan irisan mentimun ditempat yang biasa didatangi semut atau disarangnya. 

Ingatlah, untuk tidak membunuh semut yang banyak dirumah Anda.