Saturday, June 09, 2018

Khasiat Ayat Kursi

.
Ayat kursi sangat baik diamalkan dalam kehidupan sehari-hari, faedahnya sangat luar biasa karena Allah akan menjaga, memelihara dan melindungi dalam setiap langkah kita, serta terhindar dari gangguan setan.

Ayat kursi dapat dibaca sebelum keluar dan masuk rumah, sebelum tidur, pada waktu pagi dan petang, setelah shalat fardhu, sebelum atau setelah berdzikir, ketika merasa diri dalam kesempitan dan dalam keadaan apapun karena ayat kursi merupakan ayat yang paling diagungkan.

Allah, tidak ada Tuhan melainkan Dia Yang Hidup kekal lagi terus menerus mengurus makhluk-Nya; tidak mengantuk dan tidak tidur. Kepunyaan-Nya  apa yang ada  di langit dan di bumi. Tiada yang dapat memberi syafa'at disisi Allah tanpa izin-Nya. Allah mengetahui apa-apa yang dihadapan  mereka  dan  dibelakang  mereka,  dan  mereka  tidak mengetahui  apa-apa dari  ilmu Allah melainkan apa yang dikehendaki-Nya. Kursi  Allah  meliputi  langit  dan  bumi.  Dan Allah tidak merasa berat memelihara keduanya, dan Allah Maha Tinggi lagi Maha Besar. (QS.2:255)

Keutamaan Ayat Kursi
1.Ayat yang Paling Agung dalam Al-Quran.
Sebagaimana yang ada pada pertanyaan yang diajukan oleh Rasulullah saw kepada Ubay bin Kaab, "Ayat mana yang paling agung dalam kitabullah?" Ubay menjawab, "Ayat kursi." Maka beliau saw pun menepuk dada Ubay kemudian berkata, Wahai Abu Mundzir, semoga engkau berbahagia dengan ilmu yang engkau miliki." (HR.Muslim). Ayat Kursi dikategorikan sebagai ayat yang  paling agung  karena didalamnya terdapat nama Allah yang paling agung, yaitu Al Hayyu dan Al Qayyum.

2.Keagungannya Melebihi Langit dan Bumi.
Rasulullah saw bersabda, "Tidaklah Allah menciptakan langit dan bumi melebihi agungnya Ayat Kursi" (karena didalam ayat Kursi telah mencakup Nama dan Sifat Allah). Sufyan ats-Tsauri berkata, Sebab ayat kursi merupakan kalamullah, sedangkan kalamullah itu lebih agung daripada ciptaan Allah yang berupa langit dan bumi" (HR. At-Tirmidzi).

3.Salah Satu Bacaan Dzikir Sebelum Tidur.
Rasulullah saw bersabda, "Apabila engkau mendatangi tempat tidur, bacalah Ayat Kursi, niscaya Allah akan senantiasa menjagamu dan setan tidak akan mendekatimu sampai waktu pagi." (HR.Bukhari).
Jadikanlah ayat kursi sebagai dzikir rutin yang dibaca ketika hendak tidur. Selain itu, ayat kursi juga termasuk bacaan dzikir pagi dan petang.

4.Salah Satu Sebab Masuk Surga.
Rasulullah saw bersabda, "Barangsiapa yang membaca Ayat Kursi setelah selesai shalat, maka tidak ada yang menghalanginya masuk surga kecuali kematian" (HR.An Nasa-i).

Beberapa hadits diatas menunjukkan keutamaan Ayat Kursi. Apabila kita rutinkan membacanya maka kita akan mendapatkan keutamaan yang sangat banyak. Hendaknya setiap muslim bersemangat untuk hal-hal yang bermanfaat bagi dirinya terutama untuk akhiratnya. Ayat Kursi sendiri bukanlah ayat yang panjang dan sulit untuk dihapal. Semoga Allah memudahkan kita untuk mengamalkannya.

Khasiat Ayat Kursi
Membaca ayat Kursi dengan istikamah setiap selesai shalat fardhu, setiap pagi dan petang, setiap kali masuk kerumah atau kepasar, setiap kali masuk ketempat tidur dan musafir, insyaallah akan aman dari godaan setan dan kejahatan Penguasa, diselamatkan dari kejahatan manusia dan kejahatan binatang yang memudharatkan. Terpelihara dirinya, keluarganya, hartanya, rumahnya dari kecurian, kebakaran dan kekaraman.

Dalam kitab Assarul Mufidah, siapa yang membaca ayat kursi, setiap kali sebanyak 18x, insyaallah dia akan hidup berjiwa tauhid, dibukakan dada dengan berbagai hikmat, dimudahkan rezekinya, dinaikkan martabatnya, diberikan kepadanya pengaruh sehingga orang selalu segan kepadanya, diperlihara dari segala bencana dengan izin Allah swt.

Membaca ayat Kursi sebanyak anggota sujud (7x) tiap hari ada benteng pertahanan Rasulullah saw.

Membaca ayat Kursi sebanyak hitungan kata-katanya (50x), dan ditiupkan pada air minum kemudian diminum maka insyaallah Tuhan mencerdaskan akalnya dan memudahkan faham pada pelajaran yang dipelajari.

Membaca ayat Kursi selesai shalat fardhu, Tuhan akan mengampuni dosanya. Membacanya ketika hendak tidur, terpelihara dari gangguan setan dan membacanya ketika dia marah maka akan hilang rasa marahnya.

Membaca ayat Kursi sebanyak hitungan hurufnya (170x) maka Tuhan akan memberikan pertolongan dalam segala hal dan menunaikan segala hajatnya  dan  melapangkan fikirannya, akan dimudahkan rezekinya, dihilangkan kedukaannya dan diberikan apa yang dimintanya.

Membaca ayat Kursi ketika hendak tidur maka Tuhan menugaskan dua malaikat yang menjaga selama tidurnya sampai pagi.

Apabila masuk kerumah dibaca ayat Kursi pada empat penjuru rumah dan mengharapkan dengan itu menjadi penjaga dan pelindung dari setan.

Siapa yang takut terhadap serangan musuh hendaklah dia membuat garis lingkaran dengan isyarat nafas sambil membaca ayat Kursi. Kemudian dia masuk bersama jamaahnya kedalam garis lingkaran tersebut menghadap kearah musuh, sambil membaca ayat Kursi sebayak 50x  atau  sebanyak 170x, insyaallah musuh tidak akan melihatnya dan tidak akan memudharatkannya.

Siapa yang membaca ayat Kursi sebayak 1000x dalam sehari semalam selama 40 hari maka demi Allah, demi Rasul, demi Al Quran yang mulia, Tuhan akan membukakan baginya pandangan rohani, dihasilkan yang dimaksud dan diberi pengaruh kepada manusia. (dari kitab Khawasul Qur’an)
.
Cara Mengatasi Stres
Keampuhan Shalawat 

Hasilkan Jutaan Rupiah dari rumah! 
.