Monday, June 04, 2018

7 Sunnah Harian Rasulullah

.
Dari Amr bin Auf bin Zaid al-Muzani ra, Rasulullah saw bersabda: “Barang siapa yang menghidupkan satu sunnah dari sunnah-sunahku kemudian di amalkan oleh manusia maka dia akan mendapatkan pahala seperti pahala orang-orang yang mengamalkannya itu dengan tidak mengurangi pahala mereka sedikitpun” (HR.Ibnu Majah).

Apa saja sunnah harian Rasulullah ? 
1.Shalat tahajjud
Semua Nabi, auliya dan ulama salaf tidak meninggalkan shalat tahajud. Ini merupakan ciri orang saleh dan ikhlas. 

Allah ta'ala berfirman: "Dan pada sebagian malam hari shalat tahajudlah kamu sebagai suatu ibadah tambahan bagimu. Mudah-mudahan Tuhanmu mengangkat kamu ketempat yang terpuji" (QS.17:79).

2.Membaca Al Quran dan Terjemahannya
Al Quran merupakan petunjuk dan pedoman muslim untuk hidup dan menjalani kehidupan. Membaca Al Quran itu penting sekali, kita tidak hanya disuruh membaca tetapi juga memahami dan menghayati artinya serta mengamalkan ajaran yang terkandung didalamnya.

"Barangsiapa yang membaca satu huruf dari Al Qur'an maka baginya satu kebaikan, dan setiap satu kebaikan dilipatkan sepuluh kali. Aku tidak mengatakan alif lam miim satu huruf, tetapi alif satu huruf, lam satu huruf dan miim satu huruf." (HR Tirmidzi)

3.Memakmurkan masjid, shalat subuh dimasjid.
Masjid adalah tempat suci bagi orang-orang yang senantiasa mensucikan dirinya secara lahir bathin. Masjid tempat untuk menggembleng pengalaman spiritual, mengokokohkan iman dan tauhid. Masjid tempat tinggal landas bagi mi’rajnya orang-orang beriman. Dalam artian ini, masjid tempat meresapkan nilai-nilai Ilahiah kedalam dirinya sebagai modal utama dalam kehidupan, baik secara individu maupun lingkup rumah tangga, masyarakat dan bangsa.

4.Shalat Dhuha.
Shalat Dhuha adalah sedekah. Shalat dhuha adalah ibadah sunnah yang senantiasa dilakukan oleh Rasullah Saw. Setiap amal ibadah yang diperintahkan ataupun dianjurkan Allah dan Rasul-Nya pasti ada rahasia yang tersembunyi didalamnya. Memang kadangkala kemampuan akal kita tidak dapat memahaminya. Tapi yang pasti semuanya itu adalah demi kemaslahatan kita.

“Bila masuk waktu pagi maka setiap persendian kamu ada kewajiban shadaqah, lalu setiap bacaan tasbih adalah shadaqah, tahmid adalah shadaqah, tahlil adalah shadaqah, takbir adalah shadaqah, amar ma’ruf adalah shadaqah, nahi mungkar adalah shadaqah dan tercukupi semuanya itu dengan shalat dua raka’at diwaktu Dhuha.” (HR.Muslim).

5.Bersedekah.
Allah menyukai orang yang suka bersedekah dan malaikat Allah selalu mendoakan kepada orang yang bersedekah tiap hari. Se
seorang sudah bisa disebut mukmin yang sebenarnya jika suka bersedekah. Carilah rizki dengan sedekah. Bertaubatlah dengan bersedekah, jika kita sakit hendaklah bersedekah. Bersedekah merupakan tolok ukur dan ciri dari orang-orang yang beriman, shaleh dan bertakwa.

Dari Abu Hurairah ra, Rasulullah saw bersabda: “Setiap persendian manusia diwajibkan bersedekah setiap harinya mulai matahari terbit. Menyelesaikan perkara antara dua orang yang berselisih adalah sedekah. Menolong seseorang naik keatas kendaraannya atau mengangkat barang-barangnya keatas kendaraannya adalah sedekah. Berkata yang baik juga termasuk sedekah. Begitu pula setiap langkah berjalan untuk menunaikan shalat adalah sedekah. Serta menyingkirkan suatu rintangan dari jalan adalah sedekah” (HR. Bukhari dan Muslim).

"Barangsiapa yang bersedekah dengan sebiji kurma dari rejekinya yang baik, karena Allah tidak akan menerima kecuali yang baik, niscaya Allah akan menerimanya dengan tangan kanan-NYA, kemudian akan mengembangkan pahalanya seperti salah seorang diantara kalian mengembangkan ternaknya hingga pahalanya menjadi sebesar gunung" (HR.Bukhari). Dari Abu Hurairah, Rasulullah bersabda: “Sesuatu yang paling buruk dalam diri seseorang adalah sifat bakhil yang diikuti dengan rasa takut yang berlebihan” (HR.Abu Daud)

6.Menjaga wudhu terus menerus.
Allah menyayangi hamba yang berwudhu. Rasulullah senantiasa dalam keadaan berwudhu, dalam waktu dan keadaan apapun. Peliharalah wudhu, kalau batal berwudhulah kembali. Hal itu merupakan kebutuhan kita sendiri dalam rangka untuk mendekatkan diri kepada Allah. Kalau kita selalu berwudhu insya Allah akan selamat dari ikatan dan kegenitan dunia dan terjaga dari hal-hal kotor. Selanjutnya kita terjaga dari hal-hal yang tidak bermanfaat dan dari perbuatan dosa dan tercela.

Kata Ali bin Abu Thalib, “Orang yang selalu berwudhu senantiasa akan merasa selalu
sedang shalat walaupun dia sedang tidak shalat dan dijaga oleh malaikat dengan dua doa, ampuni dosa dan sayangi dia, ya Allah.” Dari Abu Hurairah, Rasullah saw bersabda: “Sesungguhnya saudara-saudara kami itu akan datang dalam keadaan putih cemerlang karena wudhu dan aku yang akan membimbing mereka ketelaga”. (HR.Muslim)

7.Istighfar setiap saat.
“Sesungguhnya Allah mencintai orang-orang yg bertaubat dan mencintai orang-orang yg mensucikan diri” (QS.2:222)

Dengan istighfar masalah yang terjadi karena dosa kita akan dijauhkan oleh Allah. Istighfar setiap saat dan dalam segala aktivitas. Orang yang kuat istighfarnya maka insting dan kecenderungan rahmatnya sangat kuat sekali. Dia pun menjadi penuh dengan keutamaan-utamaan, doanya mustajab dan firasat nya tajam (mampu berpikir positif dan menerawang kedepan).

Perbanyak membaca istighfar agar Anda dapat menemukan jalan keluar, mendapatkan ketenangan batin, harta yang halal, keluarga yang salih. Allah berfirman, "Dan hendaklah kamu meminta ampun kepada Tuhanmu dan bertaubat kepada-Nya. Niscaya Dia akan memberikan kenikmatan yang baik kepadamu sampai kepada waktu yang telah ditentukan dan Dia akan memberi kepada setiap orang yang mempunyai keutamaan (balasan) keutamaannya."(QS.11:3).

Rasulullah saw bersabda, ”Barangsiapa yang senantiasa beristighfar maka Allah akan memberikan kegembiraan dari setiap kesedihannya dan kelapangan bagi setiap kesempitannya dan memberinya rizki dari arah yang tiada disangka-sangka.” (HR.Abu Daud, Ibnu Majah dan Ahmad)

Perbanyaklah membaca sayidul istighfar, "Ya Allah, Engkau adalah Tuhanku, tidak ada Tuhan selain Engkau. Engkau ciptakan aku dan aku adalah hamba-Mu. Aku akan menjalankan semua janjiku untuk Mu dengan segala kemampuanku. Aku berlindung kepada-Mu dari keburukan yang aku lakukan. Aku kembali kepada-Mu dgn segala nikmat-Mu atasku dan aku mengakui dosa-dosaku maka ampunilah aku karena tidak ada yang memberi ampunan terhadap dosa-dosa kecuali Engkau."
(HR.Bukhari)
 
Bila kita mampu menjaga dan melakukan tujuh sunnah Rasullullah SAW ini maka Insya Allah akan muncul sifat-sifat terpuji. Bicaranya dakwah, diamnya zikir, nafasnya tasbih, matanya memancarkan cahaya rahmat.

Sumber: islampos.com

Cara Mengatasi Stres
Keampuhan Shalawat 

Hasilkan Jutaan Rupiah dari rumah! 
.