Monday, June 04, 2018

Doa adalah Ibadah

.
Siapakah yang menjadi tempat mengadu orang yang dilanda kegelisahan, kesulitan dan kesedihan? Kepada siapakah mereka seharusnya memohon pertolongan? Hanya  Allah  yang  tiada Tuhan selain Dia. Suatu kewajiban untuk  berdoa  dan  meminta  kepada-Nya  dalam keadaan lapang maupun sempit,  dalam  keadaan  mudah  maupun  sulit.  Kita  harus  mengadu dan bertawassul  kepada-Nya,  meski  dalam  kesempitan  seperti apapun. Kita harus memohon, merendahkan diri dan meminta ampun. Tunggulah waktu yang telah ditetapkan-Nya dengan sabar! Karena pada saatnya nanti akan datang  pertolongan,  bantuan dan kemudahan  yang bersumber dari-Nya.

Atau siapakah yang memperkenankan  doa  orang yang dalam kesulitan apabila ia berdoa kepada-Nya, yang menghilangkan kesusahan dan yang menjadikan kamu sebagai khalifah dibumi? Apakah disamping Allah ada tuhan yang lain? Amat sedikitlah kamu mengingati-Nya. (QS.27:62). "Apabila mereka naik kapal, mereka berdoa kepada Allah dengan memurnikan ketaatan kepada-Nya." (QS.29:65)

Doa kepada Allah adalah Ibadah. Bukti ketaatan yang akan mendatangkan suatu pemberian lebih dari apa yang Anda minta. Seorang hamba yang mengetahui hakekat berdoa kepada Allah, niscaya tidak akan pernah resah, gundah dan kacau pikirannya. Allah  Maha Dekat,  Maha Mendengar  dan Maha Menjawab. Dia mengabulkan doa setiap orang yang dalam kesulitan.  Dia berkata, "Berdoalah kamu kepada-Ku niscaya akan Kuperkenankan bagimu." (QS.40:60)

Angkat kedua tangan Anda, perbanyak memohon kepada-Nya, selalu berbaik sangka kepada-Nya. Curahkan seluruh waktu Anda untuk-Nya dan beribadahlah kepada-Nya dengan tekun agar Anda mendapatkan kebahagiaan dan kemenangan.

Manusia Yang Didoakan Malaikat.
Mereka berkata:  "Tuhan Yang Maha Pemurah telah mengambil anak",  Maha Suci Allah. Sebenarnya malaikat-malaikat itu adalah hamba-hamba yang dimuliakan, mereka itu tidak mendahului-Nya dengan perkataan  dan  mereka  mengerjakan  perintah-perintah-Nya. Allah mengetahui segala sesuatu yang dihadapan mereka dan yang dibelakang mereka dan mereka tiada memberi syafaat melainkan kepada orang yang diridhai Allah, dan mereka itu selalu berhati-hati karena takut kepada-Nya. (QS.21: 26-28)

Ada malaikat yang tugasnya mendoakan manusia. Siapakah yang didoakan ?
1.Orang yang tidur dalam keadaan suci.
"Barangsiapa yang tidur dalam keadaan suci maka malaikat akan bersamanya didalam pakaiannya. Dia tidak akan bangun hingga malaikat berdoa: Ya Allah, ampunilah hamba-Mu si fulan karena tidur dalam keadaan suci" (HR.Ibnu Hibban)

2.Orang yang berdzikir setelah shalat berjamaah.
"Para Malaikat akan mendoakan kalian, selama kalian tetap berada ditempat yang kalian gunakan untuk shalat dan belum batal wudhu. Malaikat itu berdoa: "Ya Allah ampunilah dia, ya Allah berilah rahmat kepadanya" (HR.Bukhari dan Muslim)

3.Orang yang berada dishaf terdepan shalat berjamaah.
"Sesungguhnya Allah dan para malaikat-Nya bershalawat kepada orang-orang yang berada pada shaf-shaf terdepan" (HR.Abu Daud)

4.Orang yang menyambung shaf pada shalat berjamaah.
"Sesungguhnya Allah dan para malaikat selalu bershalawat kepada orang-orang yang menyambung shaf-shaf" (HR.Ibnu Majah)

5.Orang yang mengucapkan aamiin ketika Imam selesai membaca Al-Fatihah
"Jika seorang Imam membaca ghairil maghdhuubi 'alaihim waladh dhaalinn, ucapkanlah oleh kalian aamiin karena barangsiapa ucapannya itu bertepatan dengan ucapan aamiin dari malaikat, maka dia akan diampuni dosanya yang masa lalu" (HR.Bukhari)

6.Orang yang shalat berjama'ah shubuh dan ashar.
Para malaikat berkumpul pada saat shalat shubuh. Para malaikat (yg bertugas) pada malam hari naik kelangit dan malaikat siang hari tetap tinggal. Kemudian  mereka  berkumpul lagi  pada waktu shalat ashar dan malaikat yang ditugaskan pada siang hari naik kelangit sedangkan malaikat yang bertugas pada malam hari tetap tinggal, lalu Allah bertanya kepada mereka, "Bagaimana kalian meninggalkan hambaku?" mereka menjawab, "Kami datang mereka sedang melakukan shalat dan kami tinggalkan mereka sedang melakukan shalat, maka ampunilah mereka pada hari kiamat" (HR.Ahmad)

7.Orang yang mendoakan saudaranya tanpa sepengetahuan orang yang didoakan.
Doa seorang muslim untuk saudaranya yang dilakukan tanpa sepengetahuan orang yang didoakan nya adalah doa yang akan dikabulkan. Didekat kepalanya ada seorang malaikat yang diutus, setiap kali dia berdoa untuk saudaranya dengan sebuah kebaikan, malaikat tersebut berkata "aamiin dan engkaupun mendapatkan apa yang dia dapatkan" (HR.Muslim)

8.Orang yang berinfak.
Setiap pagi ada dua malaikat yang turun, salah satu diantara keduanya berkata: "Ya Allah, berikanlah ganti bagi orang yang berinfak" Dan yang lain berkata: "Ya Allah, hancurkanlah harta orang yang pelit" (HR.Bukhari dan Muslim)

9.Orang yang sedang makan sahur.
"Sesungguhnya Allah dan para malaikat-Nya bershalawat kepada orang-orang yang sedang makan sahur" (HR.Ibnu Hibban)

10.Orang yang menjenguk sesama muslim yang sakit.
"Jika ada seorang mukmin menjenguk saudaranya sesama muslim yang sakit dipagi hari maka akan ada 70.000 malaikat yang bershalawat kepadanya hingga sore dan jika dia menjenguk diwaktu malam maka akan ada 70.000 malaikat yang bershalawat kepadanya hingga shubuh" (HR.Ahmad)

11.Orang yang mengajarkan kebaikan kepada orang lain.
"Keutamaan seorang alim atas seorang ahli ibadah bagaikan keutamaanku atas seorang yang paling rendah diantara kalian. Sesungguhnya Allah dan para Malaikat-Nya, serta seluruh penghuni langit dan bumi, bahkan semut yang didalam lubangnya dan ikan dilaut, semuanya bershalawat kepada orang yang mengajarkan kebaikan kepada orang lain" (HR.Tirmidzi)

Sumber: Konsultasisyariah.com

Cara Mengatasi Stres
Keampuhan Shalawat 

Hasilkan Jutaan Rupiah dari rumah! 
.