Friday, May 18, 2018

Jalan Menuju Kemenangan

.
Menyerahkan semua perkara kepada Allah dan bertawakal kepada-Nya, percaya sepenuhnya terhadap janji-janji-Nya, ridha dengan apapun yang dilakukan-Nya, berbaik sangka kepada-Nya dan menunggu dengan sabar pertolongan-Nya merupakan buah keimanan yang paling agung dan sifat paling mulia dari seorang mukmin. 

Ketika seseorang sadar bahwa apa yang akan terjadi itu baik baginya, dan dia menggantungkan setiap masalahnya hanya pada Allah, maka dia akan mendapat pengawasan, perlindungan, pencukupan dan pertolongan Allah.

Ketika Nabi Ibrahim as dilemparkan kedalam kobaran api, dia mengucapkan: "Hasbunallah wa ni'mal wakil", maka Allah pun menjadikan api yang panas itu dingin seketika. Dan Ibrahim pun tidak terbakar. Demikian pula yang dilakukan Rasulullah saw dan para sahabatnya. Tatkala mendapat ancaman dari pasukan kafir dan penyembah berhala,
{mereka menjawab: "Hasbunallah wa ni'mal wakil." Cukuplah Allah menjadi Penolong kami dan Allah adalah sebaik-baik Pelindung. Maka mereka kembali dengan nikmat dan karunia yang besar dari Allah, mereka tidak mendapat bencana apa-apa, mereka mengikuti keridhaan Allah. Dan, Allah mempunyai karunia yang besar.} (QS.3:173-174)

Manusia tidak akan mampu melawan setiap bencana, menaklukkan setiap derita dan mencegah setiap malapetaka dengan kekuatannya sendiri. Sebab, manusia makhluk yang sangat lemah. Mereka akan mampu menghadapi semua itu dengan baik hanya bila bertawakal kepada Allah, percaya sepenuhnya kepada Pelindungnya, menyerahkan semua perkara kepada-Nya. Jika tidak, jalan keluar mana lagi yang akan ditempuh oleh manusia yang lemah tidak berdaya ini saat menghadapi ujian dan cobaan? 

{Dan, hanya kepada Allahlah hendaknya kamu bertawakal jika kamu benar-benar beriman.} (QS.5:23)

Orang yg ingin menyadarkan dirinya, selalulah tawakal kepada Yang Maha Kuat dan Maha Kaya yang kekuatan amat besar ada pada-Nya. Bila Anda mau keluar dari kesusahan dan selamat dari bencana. Jadikan "Hasbunallah wa ni'mal wakil" amalan yang selalu menyelimuti langkah hidup Anda. Jika harta Anda sedikit, hutang banyak, sumber penghidupan kering dan mata pencaharian terhenti, mengadulah kepada Tuhanmu seraya mengucapkan, "Hasbunallah wa ni'mal wakil." 
 
Jika Anda takut kepada seorang musuh, cemas terhadap perlakuan orang zalim atau khawatir dengan suatu bencana maka ucapkanlah dengan tulus kalimat ini: "Hasbunallah wa ni'mal wakil" {Cukuplah Allah menjadi Penolong kami dan Allah adalah sebaik-baik Pelindung} (QS.3:173)

"Wahai orang-orang yang beriman, mintalah pertolongan kepada Allah dengan sabar dan shalat." (QS.2:153). Jika Anda ketakutan, dihimpit kesedihan dan dicekik kerisauan maka segeralah bangkit untuk melakukan shalat, niscaya jiwa Anda akan kembali tenteram dan tenang. Shalat itu atas izin Allah, sangatlah cukup untuk hanya sekadar menyirnakan kesedihan dan kerisauan.

Setiap kali dirundung oleh kegelisahan maka Rasulullah saw selalu meminta kepada Bilal ibn Rabbah, "Tenangkanlah kami dengan shalat, wahai Bilal" (Al-Hadits). Begitulah, shalat benar-benar merupakan penyejuk hati dan sumber kebahagian bagi Rasulullah saw.

Saat Anda dihimpit banyak persoalan dan menghadapi banyak cobaan, minta pertolongan kepada Allah dengan shalat yang khusyu'. Sehingga kekuatan, semangat dan tekad hidup Anda pun pulih kembali.

Cara Mengatasi Stres