Thursday, February 07, 2013

Sindroma Saraf Ulnaris

.
Apakah sindroma saraf ulnaris itu?
Adalah Gejala ketika saraf ulnaris terjepit disekitar sendi siku. Dalam kasus yang jarang terjadi, saraf juga bisa terjepit dalam terowongan kecil dipergelangan tangan. Saraf Ulnaris dapat dirasakan pada jalurnya disetiap siku bagian dalam. Mengingat kurangnya bantalan disiku, saraf dapat dengan mudah terluka.

Bagaimana terjadinya sindroma saraf ulnaris?
Lokasi yang menonjol memudahkan kerusakan saraf karena penyempitan saluran, karena berulang kali tertekan atau karena kegiatan yang melibatkan bagian dalam siku secara terus menerus.

Apa saja gejalanya?
Iritasi Kronis pada saraf akan menyebabkan mati rasa didaerah yang disarafinya. Pada dasarnya ini berkaitan dengan sisi jari kelingking tangan dan jari kelingking itu sendiri. Pada tahap yang lebih lanjut bisa melemahkan dan akhirnya melumpuhkan otot tangan intrinsik. Hal ini memanifestasikan dirinya sebagai kelemahan tangan dan ketidak mampuan untuk meregangkan jari atau berkontraksi penuh. Kelumpuhan lengkap saraf ulnaris mengarah kegejala yang disebut tangan cakar, yaitu jari ke 4 dan 5 tidak dapat digenggamkan secara aktif lagi.

Bagaimana penyakit ini didiagnosis?
Dalam kebanyakan kasus diagnosis sudah bisa dipastikan melalui gejala yang digambarkan pasien. Khas adalah jari kelingking mati rasa dan kemudian diikuti oleh kelemahan dari tangan. Diagnosis dikonfirmasi pengukuran elektrofisiologi. Dalam pengukuran yang dilakukan oleh dokter ahli saraf, bisa ditentukan secara objektif tingkat cacat konduksi saraf yang ada dan seberapa parahnya.

Perawatan apa yang tersedia?
Pada tahap sangat awal dan dengan keluhan yang kecil, perlindungan siku dan perubahan dari model penggunaan siku bisa menyebabkan pengurangan gejala. Dalam kebanyakan kasus, perubahan pada saraf sudah sangat serius sehingga tindakan operasional harus direkomendasikan. Dalam operasi ini, saraf dibebaskan dari jepitan dalam terowongan pada siku atau didaerah pergelangan tangan. Dalam prakteknya, operasi ini hampir selalu dilakukan dibawah anestesi umum.

Apa yang terjadi bila sindroma saraf ulnaris tidak dioperasi?
Saraf adalah struktur yang amat sensitif. Pada tekanan yang lama akan menyebabkan gangguan meningkat, yang dalam keadaan tertentu tidak bisa pulih. Dengan lamanya jeratan saraf ini selain terjadi gangguan sensibilitas akan diikuti dengan melemahnya tangan. Setelah terjadi kelumpuhan, maka tindakan operasi tidak akan bisa menjamin perbaikan sepenuhnya.

Seberapa besar peluang kesembuhan?
Dengan menghilangkan penekanan dan iritasi kronis maka saraf mendapat kesempatan untuk istirahat. Perasaan Kesemutan dijari biasanya menghilang dengan cepat, tetapi gangguan sensorik yang berat sering membutuhkan waktu yang sangat lama untuk pulih. Pemulihan yang pasti tidak selalu bisa dijamin. Sebagai aturan praktis dapat dikatakan bahwa saraf pulih sekitar 1 mm per hari. Oleh karena itu perlu satu tahun atau lebih untuk perbaikan dalam fungsi saraf yang terganggu, tergantung pada kondisi sebelum operasi.

Apa Komplikasi operasi?
Seperti diketahui, intervensi medis secara teoritis dapat menyebabkan saraf, tendon dan pembuluh darah terluka. Dengan masuknya bakteri dapat menyebabkan infeksi, dalam kasus yang ekstrim bisa menyebabkan kekakuan sendi. Walaupun semua komplikasi ini sangat jarang terjadi tetapi mungkin memerlukan perawatan lebih lanjut.