Thursday, April 25, 2013

Mencegah Kulit Keriput

.
Penampilan cantik erat kaitannya dengan kulit. Pada proses penuaan, kulit terlihat menjadi kering, kasar, kendur, terdapat bercak-bercak, timbul lipatan pada leher, berkerut, dan garis-garis penuaan di wajah. Kulit kering dan kasar itu disebabkan adanya kemunduran produksi kelenjar lemak kulit yang berkaitan dengan penurunan kadar hormon. Sedangkan kulit keriput karena defisitnya jumlah serat kolagen pada lapisan dalam kulit.

Kolagen adalah salah satu protein yang menyusun tubuh manusia. Kolagen biasanya disintesa oleh sel fibroblas. Kolagen berisi asam amino yg spesifik : Glycine, prolina, hidroksiprolina dan arginin. Keberadaannya adalah kurang lebih mencapai 30% dari seluruh protein yang terdapat ditubuh. Dia adalah struktur organik pembangun tulang, gigi, sendi, otot, dan kulit. Serat kolagen memiliki daya tahan yang kuat terhadap tekanan. 

Berikut ini makanan sumber kolagen, vitamin C, vitamin E, antioksidan dan vitamin lain yang berperan dalam pembentukan kolagen yaitu jaringan yang menyangga kulit, guna mencegah terjadinya penuaan dini. Makanan sumber kolagen alami sangat berguna untuk meregenerasi sel-sel kulit yang mati dan rusak, dengan peremajaan kolagen, Anda akan memiliki kulit sehat dan awet muda.

1. Perbanyak konsumsi vitamin A
Memperbanyak asupan vitamin A dapat merangsang kolagen alami tubuh. Vitamin A merupakan unsur yang dibutuhkan oleh tubuh untuk menjaga kesehatan kulit dan selaput lendir. Makanan yang kaya vitamin A misalnya daging sapi, hati, telur, susu dan sayuran hijau berdaun gelap.

2. Perbanyak konsumsi vitamin C
Tambahkan lebih banyak vitamin C dalam menu harian Anda. Makanan yang kaya vitamin C membuat kulit menjadi tampak sehat, karena Vitamin C merangsang dan meningkatkan produksi kolagen kulit dengan cara meningkatkan kemampuan pengembangbiakan sel fibroblast didermis. Perbanyak makan buah-buahan, sayuran dan biji-bijian untuk meningkatkan asupan vitamin C Anda.

3. Perbanyak konsumsi makanan yang mengandung AHA
Alpha-Hydroxy Acid (AHA) bertanggung jawab untuk melepaskan sel-sel kulit tua yang menempel pada lapisan atas kulit. Bila tidak dibersihkan, dapat membuat kulit tampak tua. Sebuah studi menyimpulkan bahwa AHA membantu mengurangi munculnya keriput dan penuaan kulit. Buah- buahan seperti nenas, anggur dan jeruk, serta asam laktat yang ditemukan dalam susu mengandung AHA.

4. Perbanyak konsumsi makanan yang kaya asam lemak omega-3
Asam lemak omega-3 dapat membantu mencegah peradangan sel dan akan memastikan sel-sel tubuh bekerja dengan baik untuk membangun kolagen. Makanan yang banyak mengandung omega-3 misalnya salmon, sarden, walnut, hazelnut atau kacang mede. Suplemen omega-3 juga tersedia dalam bentuk kapsul.

5. Menghindari makanan asin
Garam dapat menyebabkan tubuh mengikat molekul air lebih banyak, sehingga cairan tidak dapat mengalir dengan mudah kebagian tubuh yang berkulit tipis. Hal ini dapat menyebabkan kekeringan yang berlebihan pada permukaan kulit. Ketika serat kolagen menjadi kering ia akan mudah rusak. Karena itu, batasi makan makanan yang mengandung garam tinggi. Selain itu, cukupi kebutuhan cairan tubuh dengan minum air putih setidaknya minum 8 gelas setiap hari untuk mendapatkan kulit yang sehat.

6. Tingkatkan sirkulasi darah dengan olahraga
Olahraga dapat mencegah lemak terakumulasi dibawah lapisan subkutan kulit. Lemak yang menumpuk nantinya dapat merusak kolagen, yang akan menyebabkan kulit kendur dan keriput. Meningkatkan sirkulasi darah dengan olahraga dilakukan dengan mengubah gula menjadi energi, sehingga mencegah penumpukan lemak di bawah kulit. Setidaknya lakukan 30 menit olahraga setiap hari.

.