Friday, March 02, 2018

Sesuai dengan Qadha dan Qadar..!

.
Segala sesuatu itu akan terjadi sesuai dengan ketentuan qadha dan qadarnya. Ini merupakan keyakinan orang Islam dan para pengikut setia Rasulullah saw. Yakni keyakinan bahwa segala sesuatu didunia ini tak akan pernah ada dan terjadi tanpa izin dan ketentuan Allah. 

“Tiada suatu bencana pun yang menimpa dibumi dan pada dirimu sendiri kecuali telah tertulis didalam kitab ( Lauhul Mahfudz ) sebelum Kami menciptakannya. Sesungguhnya yang demikian itu adalah mudah bagi Allah.”  (QS.57:22). 

"Sesungguhnya, Kami menciptakan segala sesuatu menurut ukuran." (QS.54:49).

"Dan sungguh akan Kami berikan cobaan kepadamu, dengan sedikit ketakutan, kelaparan, kekurangan harta, jiwa, dan buah-buahan. Dan berikanlah berita gembira kepada orang-orang yang sabar." (QS.2:155).

Dalam sebuah hadits: “Sungguh unik perkara orang mukmin itu! Semua perkaranya adalah baik. Jika mendapat kebaikan dia bersyukur, maka itu menjadi sebuah kebaikan baginya. Dan jika ditimpa musibah dia bersabar, maka itu juga menjadi sebuah kebaikan baginya.” (HR. Muslim)

Rasulullah bersabda: "Jika engkau memohon, maka memohonlah kepada Allah dan engkau minta pertolongan mintalah kepada Allah. Ketahuilah bahwa seandainya seluruh makhluk itu berkumpul untuk memberikan manfaat kepadamu berupa sesuatu, niscaya mereka tidak akan mampu memberikan manfaat kepadamu selain berupa sesuatu yang telah ditetapkan Allah bagimu. Dan seandainya mereka semua berkumpul untuk mencelakakanmu dengan sesuatu, niscaya mereka tidak akan mampu mencelakakanmu kecuali dengan sesuatu yang ditetapkan Allah atasmu. Pena telah kering dan lembaran-lembaran telah dilipat." (HR.Tirmidzi)

Beliau juga bersabda, "Seorang mukmin yang kuat lebih baik dan lebih dicintai Allah daripada seorang mukmin yang lemah, dan masing-masing berada dalam kebaikan. Bersungguh-sungguhlah pada perkara-perkara yang bermanfaat bagimu, mintalah pertolongan kepada Allah dan janganlah kamu bersikap lemah. Jika kamu tertimpa sesuatu, janganlah kamu katakan: ‘Seandainya aku berbuat demikian, pastilah akan demikian dan demikian’. Tapi katakan: ‘Qoddarallah wa maa syaa fa’ala (Allah telah mentakdirkan hal ini dan apa yang dikehendaki-Nya pasti terjadi)’. Sesungguhnya perkataan ‘Seandainya’ membuka pintu perbuatan setan.” (HR.Ahmad dan Muslim).

Rasulullah juga bersabda, "Allah tidak menentukan sebuah qadha bagi hamba kecuali qadha itu baik baginya." (Al-Hadits)

Allah berfirman, "Boleh jadi kamu membenci sesuatu, padahal ia amat baik bagimu, dan boleh jadi (pula) kamu menyukai sesuatu, padahal ia amat buruk bagimu. Allah mengetahui sedang kamu tidak mengetahui." (QS.2:216)

Wahai saudaraku sesama muslim... Kerja keras dan mati-matian tidak akan mampu merubah Qadha' dan Qadar yang sudah ditetapkan Allah. Hanya do'a yang dikabulkan Allah yang bisa merubahnya. Oleh karena itu marilah berdo'a dengan serius dan khusuk, walaupun doa kita belum dikabulkan Allah Yang Maha Penyayang.
.