Thursday, June 07, 2018

Fadhilat Dan Khasiat Al-Fatihah

.
Al-Fatihah salah satu surat didalam Al Qur’an yang disebut Ummul kitab. Al-Fatihah memiliki banyak Fadhilat dan Keutamaan. Khasiat Al-Fatihah sangat banyak dan luar biasa. Surat Al-Fatihah dinamakan juga Al-Kafiyah (Pencukup) dan As-Syafiyah (Penyembuh), didalamnya ada penyembuh berbagai macam penyakit hati maupun badan. Amalkanlah dengan khusuk dan sungguh-sungguh.

Dari Hazrat Abdul Malik bin Umair, sabda Rasulullah saw, “Didalam surat Al-Fatihah terdapat penawar untuk segala penyakit.” (HR.Darimi & Baihaqi)

1.Penyakit hati seperti sombong, riya, ujub dll dapat disembuhkan dengan Al-Fatihah.
Ibnul Qayyim mengatakan, “Sering aku mendengar Syaikul Islam Ibnu Taimiyah mengatakan, Iyya-Ka na’budu (Kepada-Mu lah kami menyembah) merupakan obat dari penyakit riya, dan Iyya-Ka nasta’in (Kepada-Mu lah kami meminta pertolongan) merupakan obat dari penyakit kesombongan. Karena itu Iyya-Ka na’budu dapat menghilangkan penyakit hati, dengan mengingatkan seorang hamba akan kedudukan ikhlas yang merupakan semulia-mulianya kedudukan, dan Iyya-Ka nasta’in menyadarkan seorang hamba akan kefakiran dan kebutuhannya terhadap pertolongan Allah.

Allah mengatakan, “Wahai sekalian manusia kalian ini fukara (butuh) kepada Allah, dan Allah Maha Kaya lagi Maha Terpuji” (QS.35:15).

2.Penyakit badan.
Dari sahabat Abu Said Al-Khudriy, “Bahwa ada sekelompok sahabat Rasulullah saw berada dalam perjalanan safar, lalu melewati suatu kampung Arab. Kala itu, mereka meminta untuk dijamu, namun penduduk kampung tersebut enggan untuk menjamu. Penduduk kampung tersebut lantas berkata pada para sahabat yang mampir, “Apakah diantara kalian ada yang bisa meruqyah karena pembesar kampung tersebut tersengat binatang atau terserang demam.” Diantara para sahabat lantas berkata, “Iya ada.” Lalu dia mendatangi pembesar kampung tersebut dan dia meruqyahnya dengan membaca surat Al-Fatihah. Maka pembesar kampung itupun sembuh. Lalu kepada yang membacakan ruqyah tadi diberikan seekor kambing, namun dia enggan menerimanya (dan disebutkan) dia mau menerima sampai kisah tadi diceritakan kepada Nabi saw. Lalu diapun mendatangi Nabi saw dan menceritakan kisahnya tadi kepada beliau. Dia berkata, “Wahai Rasulullah, aku tidaklah meruqyah kecuali dengan membaca surat Al-Fatihah.” Rasulullah saw tersenyum dan berkata, “Bagaimana engkau bisa tahu Al-Fatihah adalah ruqyah?” Beliau  bersabda, “Ambil kambing tersebut dari mereka dan potongkan untukku sebagiannya bersama kalian” (HR.Bukhari dan Muslim).

Ibnul Qayyim berkata, “Aku pernah menginap di Makkah selama beberapa saat lalu aku jatuh sakit, aku tidak mendapatkan satupun dokter disana, maka aku mencoba mengobati diriku sendiri dengan membaca surat Al-Fatihah, dan aku dapati perubahan yang sangat menakjubkan, sejak saat itu aku sering memberikan saran kepada orang-orang yang mengeluh akan penyakitnya untuk membaca Al-Fatihah dan banyak dari mereka mendapatkan kesembuhan dengan cepat.”

Perlu diperhatikan,  membaca Al-Fatihah untuk menyembuhkan harus diiringi dengan rasa percaya dan yakin kepada Allah, apabila telah bersatu rasa kepercayaan serta keyakinan kepada Allah, maka bacaan Al-Fatihah akan benar-benar memberikannya kesembuhan.

Keistimewaan dan Keajaiban Al Fatihah.
Nabi Muhammad saw bersabda: "Membaca Al-Fatihah pahalanya seperti sepertiga Al-Quran."  Dan "Surat Al-Fatihah adalah untuk apa ia dimaksudkan dalam bacaannya. Dan Al-Fatihah itu pembukaan maksud bagi orang-orang mukmin."

Siapa membaca surat Al-Fatihah dalam keadaan berwuduk sebanyak 70 kali setiap hari selama tujuh hari, ditiupkan pada air yang suci lalu diminum maka ia akan memperoleh ilmu dan hikmah dan hatinya dibersihkan dari fikiran kotor.

Siapa waktu hendak tidur membaca Al-Fatihah, Surat Al-Ikhlas (QS.112) dan Mu'awwidzatain (QS.113 dan 114) sebanyak 3 kali maka ia akan aman dari segala hal selain ajal.

Siapa berhajat kepada Allah swt, baca surat Al-Fatihah sebanyak 41 kali diantara shalat sunat Subuh dan shalat Subuh sampai 40 hari, kemudian memohon kepada Allah swt maka Insyaallah dipenuhi-Nya keperluan hidupnya.

Siapa membaca Al-Fatihah berserta Bismillah diantara shalat sunat Subuh dan fardu Subuh dengan Istiqomah, kalau ia inginkan pangkat maka terkabullah dan kalau ia fakir maka akan kaya serta jika ia punya hutang maka mampu membayarnya dan kalau ia sakit maka akan sembuh serta kalau ia punya anak maka anaknya itu menjadi anak yang soleh, berkat surat Al-Fatihah.

Siapa membaca Al-Fatihah sebanyak 21 kali setiap selesai shalat fardu maka Allah swt melapangkan rezekinya, perbaiki akhlaknya, memudahkan urusannya, hilangkan kesusahannya, diberikan berbagai berkat dan kemuliaan, jadikan dia berwibawa, berpangkat luhur, berpenghidupan baik, anak-anaknya terlindung dari kemudharatan dan kerusakan serta diberikan kebahagiaan dan sebagainya.

Siapa membaca Al-Fatihah sebanyak 125 kali selesai shalat Subuh maka akan dia peroleh maksudnya dan akan dia temukan apa yang dicarinya dan sebaiknya dia panjatkan doa: "Ya Allah, sesungguhnya aku memohon kepada-Mu dengan kebenaran Surat Al-Fatihah dan rahasianya, supaya dimudahkan bagiku semua urusanku, baik urusan dunia maupun urusan akhirat, supaya dikabulkan permohonanku dan ditunaikan hajatku ..."

Siapa membaca Al-Fatihah diwaktu sahur sebanyak 41 kali maka Allah swt bukakan pintu rezekinya dan Dia mudahkan urusannya. Selesai baca Al-Fatihah berdoa: "Ya Allah, sesungguhnya aku mohon kepada-Mu dengan kebenaran surat Al-Fatihah dan rahasianya, supaya Engkau bukakan bagiku pintu-pintu rahmat-Mu, kurnia-Mu dan rezeki-Mu. Dan Engkau mudahkan setiap urusanku, murahkan bagiku rezeki-Mu yang banyak lagi berkat tanpa kekurangan dan tanpa susah payah, sesungguhnya Engkau berkuasa atas setiap sesuatu. Aku mohon kepada-Mu dengan kebenaran surat Al-Fatihah dan rahasianya, berikan apa yang kuhajati..."

Diriwayatkan Syeikh Muhyiddin Ibnul Arabi: "Siapa yang punya maksud maka sebaiknya ia membaca surat Al-Fatihah sebanyak 40 kali sehabis shalat Maghrib dan sunatnya, lalu ajukanlah permohonan hajatnya kepada Allah swt"

Surat Al-Fatihah bisa mengobati penyakit mata, sakit gigi, sakit perut dan lain-lain dengan dibacakan sebanyak 40 kali. Baca Surat Al-Fatihah dengan khusuk sebanyak 40 kali pada tempat berisi air, lalu air itu diusap-usapkan pada kedua belah tangan, kedua belah kaki, muka, kepala dan seluruh badan, lalu minum air itu sampai habis. Insyaallah menjadi sembuh.

Apabila Surat Al-Fatihah itu ditulis dengan huruf-huruf terpisah lalu dileburkan dengan air suci dan diminumkan kepada sisakit, maka dengan iradah Allah swt dia akan sembuh.

Ikhtiar menghilangkan sifat pelupa: Tulislah surat Al-Fatihah dengan huruf Arab pada tempat putih dan suci lalu dihapuskan dengan air dan diberi minum pada orang yang pelupa maka ia akan hilang sifat pelupanya dengan izin Allah swt.

Mengobati sakit disebabkan oleh sengatan kala jengking: Ambil sebuah tempat bersih lalu diisi air dan sedikit garam lalu dibacakan padanya Surat Al-Fatihah sebanyak 7 kali lalu diberi minum pada orang yang tersengat kala itu, Insyaallah ia akan sembuh.

Mengobati sakit gigi dan lain-lain: letakkan jari pada tempat yang sakit lalu membaca Al-Fatihah dan berdoa sebanyak 7 kali: "Ya Allah, hilangkanlah daripada keburukan dan kekejian yang aku derita dengan doa Nabi-Mu yang jujur (al-Amin) dan tetap disisi-Mu".

Sabda Nabi Muhammad saw, "Barangsiapa yang ingin menyembuhkan kelemahan pandangannya (rabun) maka hendaklah dilakukan: Memandang bulan pada awal bulan, jika tidak kelihatan atau terhalang oleh awan dll, lakukan pada malam kedua, juga tidak dapat, coba pada malam ketiga atau begitu seterusnya hingga kelihatan bulan itu.

Bila telah kelihatan, hendaklah ia menyapukan tangan kanannya kemata dengan membaca Al-Fatihah sebanyak 10 kali. Sesudah itu ucapkan sebanyak 7 kali doa ini: "Al-Fatihah itu menjadi obat setiap penyakit dengan rahmat-Mu ya Tuhan yang Maha pengasih dan Maha penyayang." Lalu ucapkan "Yaa Rabbi" sebanyak 5 kali. Terakhir ucapkan doa ini: "Ya Allah sembuhkanlah, Engkaulah yang menyembuhkan, Ya Allah sehatkanlah, Engkaulah yang menyehatkan"

Dari Ibnu Abbas ra, sabda Rasulullah: “Siapa yang menjenguk orang sakit yang belum tiba ajalnya, kemudian dibacakan doa ini tujuh kali, pasti Allah akan menyembuhkannya dari penyakit itu. Yaitu: "Asalullahal adzim, rabbal arsyil adzim an-yasyfiyaka" (Aku mohon kepada Allah yang Maha Agung, Tuhan pemilik arasy yang Agung, semoga menyembuhkan kamu)” (HR.Abu Dawud).

Sumber: renunganislam.com
.
Cara Mengatasi Stres
Keampuhan Shalawat 

Hasilkan Jutaan Rupiah dari rumah! 
.