Wednesday, April 15, 2015

TUJUH CHAKRA UTAMA

.
Chakra adalah Jantung energi yang ada didalam tubuh bioplasmik manusia. Pengetahuan tentang chakra ini berasal dari Timur. Orang barat awalnya tidak menganut keyakinan ini. Namun seiring dgn berkembangnya ilmu pengetahuan, dibidang kesehatan, kedokteran dan beladiri maka orang barat mulai banyak yang setuju dengan konsep adanya titik chakra dalam tubuh manusia. Bahkan, mereka sudah menciptakan alat yang bisa melihat chakra dalam waktu yang sangat singkat. Chakra tidak lagi dilihat secara mata batin tetapi benar-benar muncul dalam olah digital (Kamera Kirlian dan Aura Software Computer).

Salah satu fungsi chakra adalah untuk menyerap energi prana dari  alam semesta. Energi prana inilah yang membuat manusia, hewan dan tumbuh-tumbuhan bisa bertahan hidup di alam semesta ini.

Kalau tubuh manusia dibedah, anda tidak akan menemukan bagian chakra. Mengapa? Karena letaknya pada tubuh bioplasmik. Tubuh bioplasmik adalah cetakan tubuh fisik manusia yang benar-benar menyerupai tubuh fisik. Ada kepala, lengan, kaki, badan dan sebagainya. Disebut bio karena hidup dan plasmik berasal dari istilah plasma. Plasma disini tidak sama dengan plasma darah. Plasma adalah istilah untuk menyebut bahan utama dalam pembentukan suatu unsur fisika, selain padat, cair dan gas. Wujud tubuh bioplasmik itulah yang muncul kepermukaan tubuh fisik manusia dan kemudian disebut dengan aura.

Diyakini ada 365 titik chakra dalam tubuh manusia tetapi jumlah titik chakra utama hanya ada tujuh. Yang tujuh ini sudah dianggap mewakili chakra lain yang jumlahnya ratusan itu.

Chakra Dasar
Chakra Dasar adalah landasan dari pusat emosional dan mental. Isu-isu spiritual dan emosional yang dapat menghambat energi dalam Chakra Dasar adalah rasa aman didunia, mengetahui kapan harus percaya atau tidak percaya, tahu kapan harus merasa takut dan menemukan keseimbangan antara kemandirian dan ketergantungan.

Warna: Merah
Posisi: diantara alat kelamin dan anus pada ujung tulang ekor
Elemen: Tanah
Kelenjar: adrenal dan suprarenal
Organ:
otot, tulang, tulang belakang, sendi pinggul, paha, kaki, usus besar, darah dan sistem kekebalan tubuh.  
Fungsi: survival, gaya hidup yang mengutamakan energi fisik
Disfungsi:
anorexia nervosa, kegendutan, konstipasi, wasir, sakit pinggang, radang sendi, skoliosis, fibromyalgia, kanker dubur dan masalah kulit. 
 
Chakra dasar mempunyai 4 lembar daun yang merupakan pusat energi dari tubuh fisik, kehidupan materi, keinginan untuk hidup. Chakra dasar yg aktif maka seseorang akan cenderung untuk hidup dengan penuh semangat plus motivasi; bila chakra dasar kecil dan kotor maka akan hidup bermalas-malasan tanpa semangat bahkan memiliki kecenderungan untuk mudah putus asa bahkan bunuh diri.

Chakra Seks
Chakra Seks mewakili seksualitas, kreativitas, keuangan, kekuatan pribadi, sensualitas dan kesenangan. Isu-isu spiritual dan emosional yang dapat menghambat energi dalam Chakra Seks adalah keseimbangan kehidupan terhadap seks, uang dan hubungan dengan orang lain, membatasi diri dan berjuang untuk kapan harus memberi dan menerima, kapan harus tegas dan pasif. 

Warna: Jingga
Posisi: dibawah perut pada tulang pelvis
Elemen: Air
Kelenjar: ovarium, testis
Organ: kandungan, alat kelamin, ginjal, kandung kemih, sistem sirkulasi,
usus besar, panggul, usus buntu.
Fungsi: asimilasi, seksual, kesenangan, keinginan, gaya hidup yang memanjakan emosi
Disfungsi:
sakit punggung, gangguan ginjal dan kandung kemih, gangguan alat kelamin dan problem seksual, impotensi.
 
Chakra Seks memiliki 6 lembar daun. Chakra seks berhubungan dengan penciptaan atau reproduksi; mempengaruhi aktivitas seksual seseorang. Chakra seks berkaitan erat dengan chakra tenggorokan yang berfungsi dalam penciptaan kreativitas atau ide. Seseorang dengan Chakra seks yang bersih dan aktif akan memiliki pikiran yang lebih positif serta percaya diri. Sebaliknya jika chakra seksnya kotor akan menjadi tidak perduli, kasar, berpikiran negatif, termasuk seks menyimpang, terhambatnya perkembangan organ seks.

Chakra Pusar
Chakra Pusar merupakan pengembangan kepribadian, harga diri dan ego. Isu-isu spiritual dan emosional yang dapat menghambat energi dalam Chakra Pusar adalah tantangan kepercayaan diri, kompetensi diri dan keterampilan didunia luar, penyalah gunaan obat, agresi, defensif, membuat keputusan dan daya saing.

Warna: Kuning
Posisi: pada pusar
Elemen: Api
Kelenjar: pankreas
Organ:
perut, usus bagian atas, hati, kandung empedu, lambung, ginjal, limpa dan tulang belakang tengah.  
Fungsi: pertumbuhan, penyembuhan, menerima dan mengeluarkan energi, tenaga bagi kemauan, tenaga personal
Disfungsi:
kencing manis, gangguan pencernaan, hypoglycemia, gangguan hati, kegemukan, bisul, anoreksia, bulimia dan hepatitis. 
 
Chakra Pusar amat penting dalam mempertahankan vitalitas seseorang. Chakra ini memiliki 10 lembar daun. Chakra pusar berkaitan erat dengan sifat-sifat yang membawa kecenderungan seperti iri hati, rasa malu, tidak puas, murung, benci, takut. Seseorang dengan chakra pusar yang berkembang dan bersih akan dapat mengatasi hal-hal seperti tersebut di atas; mengubahnya menjadi suatu yang positif seperti rasa aman, puas, gembira, nyaman dan percaya diri.

Chakra Jantung
Chakra Jantung mewakili intuisi dan cinta. Isu-isu spiritual dan emosional yang dapat menghambat energi dalam Chakra Jantung adalah ekspresi emosi, kemarahan, permusuhan, sukacita, cinta, kesedihan dan pengampunan, keseimbangan memberi dan menerima, memelihara diri dan memelihara orang lain.

Warna: Hijau
Posisi: tengah dada
Elemen: Udara
Kelenjar: Thymus
Organ: jantung, paru-paru,
pembuluh darah, dada, tulang rusuk, bahu, lengan, diafragma, bagian atas osofagus. 
Fungsi: mencintai diri, mencintai orang lain, pemenuhan hajat hidup, energi mental, kesadaran dan penyembuhan
Disfungsi: gangguan jantung dan paru-paru
, hipertensi, asma, alergi, kanker paru-paru, sakit punggung atas, masalah bahu dan kanker payudara.

Chakra ini memiliki 12 lembar daun. Chakra jantung adalah chakra yang amat penting dalam spiritual sebagai lambang cinta kasih dan penyembuhan. Chakra jantung merupakan pusat dari seluruh perasaan halus seperti kasih sayang, cinta kasih. Seseorang dengan chakra jantung yang kecil, kotor akan memiliki kecenderungan egois, sombong, fanatik, tamak, munafik, gelisah. Sedangkan chakra jantung yang bersih, berkembang dengan baik akan penuh dengan rasa cinta kasih, kasih sayang serta dapat berempati terhadap sesama.

Chakra Tenggorokan
Chakra Tenggorokan mewakili iman dan komunikasi yang lebih tinggi. Menemukan kebenaran batin dan menggunakan suara Anda untuk menyampaikan kedunia. Isu-isu spiritual dan emosional yang dapat menghambat energi dalam Chakra Tenggorokan adalah perjuangan antara berbicara dibandingkan mendengarkan, mendorong maju dibandingkan dengan menunggu, menjadi keras kepala terhadap debat pembicaraan.

Warna: Biru muda
Posisi: tenggorokan
Elemen: Ether
Kelenjar: Thyroid dan Parathyroid
Organ: telinga, leher,
tiroid, trakea, tenggorokan, mulut, gigi dan gusi.
Fungsi: komunikasi, energi ekspresif, kemauan untuk menyatukan symbol-simbol kebentuk yang ideal
Disfungsi: masalah pendengaran,
thyroid, leher dan kerongkongan

Chakra ini memiliki 16 lembar daun. Secara fisik memberikan energi pada kelenjar thyroid dan parathyroid. Chakra ini merupakan pusat kreativitas yang lebih tinggi dan hubungan antar manusia. Seseorang dengan chakra tenggorokan yang berkembang akan memiliki pengertian yang mendalam mengenai hubungan antar sesama sehingga mempunyai hubungan yg baik dengan sesamanya. Kemampuan untuk berekspresi secara lisan juga dipengaruhi oleh chakra ini. Chakra jantung yang yang bersih; terhubung dengan chakra tenggorokan yang bersih pula akan mengakibatkan seseorang akan dapat mengekspresikan seluruh isi hati dengan baik. Sifat-sifat yang berkenaan dengan chakra tenggorokan yang berkembang dengan baik antara lain adalah kepasrahan, keberhasilan, kelimpahan; kesejahteraan serta pengembangan pengetahuan duniawi.

Chakra Ajna
Chakra Ajna yang sering disebut sebagai mata ketiga mewakili intuisi, kecerdasan, visualisasi, imajinasi dan penalaran. Isu-isu spiritual dan emosional yang dapat menghambat energi dalam Chakra Ajna adalah perjuangan dengan persepsi yg jelas dan ambigu, moralitas konservatif dan liberal, aturan dan pemahaman bahwa aturan memiliki pengecualian, represi dan kurangnya hambatan.

Warna: Biru indigo
Posisi: diantara kedua mata
Elemen: Cahaya
Kelenjar: hypopisa
Organ:
otak, mata, telinga, hidung. 
Fungsi: Penglihatan, intuisi, penyatuan
Disfungsi: mimpi buruk,
sakit kepala, tumor otak, stroke, gangguan neurologis, kebutaan, ketulian, tinnitus, penyakit Parkinson, ketidakmampuan belajar dan kejang.
 
Chakra ini memberikan energi kemata, hidung; kelenjar hypopisa. Disebut chakra mata ketiga karena chakra yang berkembang aktif dan bersih dapat memberikan pewaskitaan atau kekuatan psikis lainnya. Selain pewaskitaan, chakra ini merupakan titik pemusatan dan pengatur dari chakra-chakra dibawahnya. Chakra ini berkaitan erat dengan pengetahuan duniawi dan pengetahuan surgawi. Seringkali manusia yang telah mencapai taraf kewaskitaan terpesona oleh sensasi tersebut dan lupa akan tujuan utamanya, lama terhambat pada kesadaran ditahap ini.

Chakra Mahkota
Chakra Mahkota adalah koneksi Anda kealam spiritual dan Illahi, dimana Anda mengizinkan spiritualitas menjadi bagian dari kehidupan fisik Anda. Isu-isu spiritual dan emosional yang dapat menghambat energi dalam Chakra Mahkota adalah perjuangan dgn rasa yg jelas tentang tujuan hidup dan percaya bahwa hidup memiliki tujuan yang tidak dapat dipelajari atau memahami paradoks bahwa seorang individu dapat mempengaruhi peristiwa-peristiwa hidupnya.

Warna: Violet
Posisi: di ubun-ubun
Elemen: Ruang
Kelenjar: Pineal
Organ: Cerebral cortex, central nervous system
Fungsi: Integrasi dan Pemahaman
Disfungsi: depresi, mengasingkan diri, ketidakmampuan untuk belajar dan mengerti,
cerebral palsy, multiple sclerosis, ALS.
 
Chakra ini adalah pusat masuknya energi Illahi keseluruh lapisan tubuh dan kesadaran. Seseorang yang chakra mahkota nya berkembang secara sempurna akan banyak mengetahui rahasia alam. Menjaga agar chakra ini selalu bersih amatlah penting agar energi spiritual dapat diterima secara terus menerus oleh seluruh tubuh. Apabila chakra mahkota terbuka dengan lebar maka seseorang dapat melakukan perjalanan astral dengan lebih mudah.